in

Wow, Mimpi Gila Marzuki Usman!

Marzuki Usman, Ketua Bapepam 1988-1992

Businesstoday, Jakarta –┬áDahulu, 30 tahun lalu, ketika Marzuki Usman mengatakan ratusan perusahaan go public akan mencatatkan sahamnya di bursa, banyak orang tersenyum sinis.

Sepuluh tahun kemudian, Marzuki kembali bermimpi transaksi efek di BEJ bisa mencapai Rp1 triliun per hari. Sebagian orang mungkin ada yang sependapat, tapi sebagian lainnya bertanya dalam hati: Apa mungkin?

“Ada yang menilai hanya orang gila yang berani memprediksi angka itu”

Seusai dilantik sebagai Ketua Bapepam pada Desember 1988, Marzuki memang bermimpi perusahaan swasta berbondong-bondong go public. Saat itu jumlah emiten masih dalam hitungan jari tangan. Cita-cita Marzuki yang selangit tak banyak mendapat respon dari para pelaku bursa.

“Bahkan ada yang menilai hanya orang gila yang berani memprediksikan angka itu,” kenang Marzuki. Dalam waktu relatif singkat, delapan tahun kemudian ramalannya menjadi kenyataan.

Jumlah emiten ketika itu mencapai 251 perusahaan dan kapitalisasi pasar mencapai Rp210 triliun lebih. Di usia 40 tahun, bursa kini mencatat punya 539 emiten dengan kapitalisasi pasar lebih dari Rp6.700 triliun.

Perusahaan swasta dan BUMN berlomba-lomba go public untuk mengail dana murah dari masyarakat. “Dahulu saya merayu pengusaha untuk go public sulitnya bukan main,” ujarnya lagi.

Seusai menerima penghargaan berlangganan gratis Bisnis Indonesia seumur hidup, 19 Desember 1995, ia kembali bermimpi. “Bukan mustahil dalam waktu yang tidak terlalu lama transaksi harian di Bursa Efek Jakarta bisa mencapai Rp1 triliun,” ujarnya. Nyatanya, kini rata-rata lebih dari Rp5 triliun. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *