in

Pemerintah Tiongkok Bantah Virus Covid-19 Berasal dari Laboratorium Wuhan

Tiongkok membantah laboratoriumnya menjadi sumber wabah virus corona baru. (Foto: Instagram @coronavirus.update)

Businesstoday.id, Jakarta – Wakil Direktur Laboratorium Institut Virologi Wuhan, Yuan Zhiming membantah laboratoriumnya menjadi sumber wabah virus corona baru (COVID-19) seperti yang dituduhkan sejumlah pihak. 

“Itu mustahil,” ujarnya seperti dilansir AFP, Minggu (19/4/2020). 

Belakangan disebut-sebut keberadaan fasilitas laboratorium tersebut telah memicu teori konspirasi bahwa virus menyebar dari Institut Virologi Wuhan, khususnya laboratorium Patogen 4 (P4) yang dilengkapi untuk menangani virus berbahaya. 

“Tidak ada satu pun staf yang terinfeksi. Seluruh lembaga sedang melakukan penelitian di berbagai bidang terkait virus corona,” tegasnya kepada stasiun televisi CGTN. 

Bahkan ia menolak teori tersebut pada Februari lalu yang menyebut pihaknya telah berbagi informasi tentang patogen dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada awal Januari. 

Yuan memastikan jika virus COVID-19 yang mewabah berasal dari laboratoriumnya. Hal itu sebagai sesuatu yang tidak mungkin. 

“Sebagai orang yang melakukan studi virus, kami jelas tahu jenis penelitian apa yang terjadi di institut dan bagaimana institut mengelola virus dan sampelnya,” jelasnya. 

Ia menuding beberapa media sengaja mencoba menyesatkan orang dengan informasi yang diberitakan. Laporan-lapotran Washington Post dan Fox News yang berasal sumber-sumber anonin menurut Yuan didasarkan pada spekulasi tanpa bukti atau pengetahuan. (rii)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *