in

Taiwan Harapkan Peningkatan Kunjungan Wisatawan Indonesia

Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Taiwan (TETO) John Chen menyampaikan sambutan dalam peresmian kantor Taiwan Visitors Association (TVA) di Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Businesstoday.id, Jakarta – Otoritas Taiwan mengharapkan peningkatan kunjungan wisatawan dari Indonesia dengan kehadiran kantor Taiwan Visitors Association (TVA) di Jakarta.

Sebagai platform terintegrasi pariwisata terbesar di Taiwan, TVA bertugas meningkatkan kualitas pariwisata Taiwan serta jumlah wisatawan mancanegara, termasuk dari Indonesia.

Jumlah kunjungan wisatawan Indonesia ke Taiwan pada Januari-November 2018 mencapai 195.500 orang.

“Kami berharap jumlah wisatawan dari Indonesia ke Taiwan meningkat, mungkin menjadi dua kali atau tiga kali lipat,” kata Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Taiwan (TETO) John Chen dalam peresmian kantor TVA di Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Dengan populasi 260 juta jiwa dan lebih dari 8 juta wisatawan melancong ke luar negeri setiap tahun, Indonesia memiliki potensi sebagai pasar wisatawan terbesar Taiwan di Asia Pasifik.

Selama empat tahun terakhir, jumlah wisatawan mancanegara yang mengunjungi Taiwan mencapai 10 juta orang.

Namun, dari angka tersebut, jumlah wisatawan asal Indonesia tidak sampai satu persen.

“Karena itu, kami mendirikan kantor TVA di Jakarta agar kerja sama antara Taiwan dan Indonesia lebih bagus lagi khususnya di bidang pariwisata,” tutur John Chen.

Demi menarik lebih banyak wisatawan Indonesia, otoritas Taiwan telah mempermudah proses pengajuan visa dan sedang mempertimbangkan kebijakan bebas visa bagi wisatawan Indonesia.

Puluhan negara telah menikmati fasilitas bebas visa untuk masuk ke Taiwan seperti Australia, Selandia Baru, Jepang, Korea Selatan, AS, serta negara-negara anggota Uni Eropa.

Sementara untuk Asia Tenggara, otoritas Taiwan memperpanjang program percobaan bebas visa selama 14 hari bagi tiga negara yaitu Brunei Darussalam, Filipina, dan Thailand hingga akhir Juli 2019.

Program yang dimulai sejak Agustus 2016 di bawah New Southbond Policies (NSP) otoritas Taiwan tersebut membuahkan hasil positif dengan jumlah kunjungan dari negara-negara NSP meningkat 27,7 persen secara tahunan (year on year) menjadi 2,28 juta wisatawan pada 2017.

Misi NSP menempatkan Indonesia sebagai salah satu prioritas, dengan kerja sama di bidang ekonomi, pendidikan, tenaga kerja, dan pertanian kedua negara menjadi lebih intensif dan bermanfaat.

“Pariwisata merupakan sarana komunikasi langsung dari mulut ke mulut, sehingga menjadi salah satu poin utama implementasi bisnis kami ke depannya,” kata John Chen. (ydp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *