in

Susi : OOC Bali akan Dihadiri 1.900 Delegasi

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

Businesstoday.id, Bogor – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengungkapkan Our Ocean Conference (OOC) di Bali pada 29-30 Oktober 2018 akan dihadiri 1.900 delegasi.

“Ada enam kepala negara atau presiden, satu wakil presiden, 36 menteri yang sudah confirm,” kata Susi usai mengikuti Rapat Kabinet Terbatas membahaa persiapan “Our Ocean Conference 2018 (OOC) di Istana Bogor, Senin (22/10/2018).

Selain itu, kata Susi, OCC ini diikuti oleh 200 masyarakat sipil, serta ada banyak organisasi kemasyarakatan lainnya.

Menteri Kelautan dan Perikanan ini yakin penyelenggaraan OCC akan sukses karena Indonesia sudah memiliki pengalaman menyelenggarakan IMF-World Bank di Bali beberapa waktu lalu.

Susi juga mengungkapkan bahwa OCC Ke-5 ini akan memprioritaskan beberapa isu, di antaranya area konservasi laut, komitmen mencegah polusi laut dari sampah plastik, perikanan berkelanjutan hingga perubahan iklim.

Susi berharap pelaksanaan OCC 2018 akan menunjukkan kepemimpinan Indonesia di bidang kelautan internasional.

“Indonesia yang akan menjadi poros maritim harus menunjukkan kepemimpinan di bidang kelautan internasional,” katanya.

Selain itu, katanya, penyelenggaaraan OCC 2018 juga akan memberikan keuntungan yang positif terhadap kebijakan-kebijakan kelautan internasional.

Dalam Rapat Kabibet Terbatas, Presiden Joko Widodo meminta laporan secara detil terkait penyelenggaraan OCC 2018 yang sudah mempet waktu pelaksanaannya.

Jokowi berharap pelaksanaan OCC 2018 bisa membuktikan Indonesia sebagai negara besar setelah berhasil menyelenggarakan acara-acara kelas dunia.

“Ini adalah kepercayaan dunia internasional kepada Indonesia dalam menyelenggarakan acara kelas dunia,” kata Presiden Jokowi saat memimpin Rapat Kabinet Terbatas persiapan “Our Ocean Conference 2018 (OOC) di Istana Bogor.

Kepala Negara menegaskan bahwa penyelenggaraan OCC di Bali yang akan dilaksanakan pada 29-30 Oktober 2018 ini untuk membangun sebuah kepercayaan dari dunia internasional yang terus harus dijaga.

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa persiapan OCC 2018 sudah mencapai 95 persen, namun dia mengakui masih ada banyak yang harus diperbaiki.

Rapat Kabinwt Terbatas persiapan OCC 2018 ini dihadiri beberapa Menteri Kabinet Kerja, di antaranya Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Mensesneg Pratikno, Menlu Retno Marsudi, Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko, Menkominfo Rudiantara, Menkes Nilla Moeloek, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian, Kepala BIN Budi Gunawan. (jok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *