in

Surveyor Indonesia Dorong Pengembangan IKM di Bali

Direktur Utama PT Surveyor Indonesia (Persero), Dian M.Noer, meresmikan perluasan kantor layanan Surveyor Indonesia di Bali, (22/4/2019).

Businesstoday.id, Jakarta – PT Surveyor Indonesia (Persero) mendorong pengembangan potensi industri kecil dan menengah (IKM) di Provinsi Bali sebagai langkah manajemen dalam memberikan pelayanan prima kepada mitra agar produk ekspor dari wilayah itu memenuhi standar mutu dan keamanan.

Pengembangan IKM di Bali sejalan dengan program pemerintah meningkatkan devisa dari ekspor, di mana saat ini Provinsi Bali memacu peningkatan pertumbuhan industri berorientasi ekspor terutama produk makanan, minuman dan kerajinan.

“Di sinilah peran Surveyor Indonesia sebagai BUMN berpartisipasi menjadi mitra pemerintah, IKM, dan industri berorientasi ekspor di Provinsi Bali untuk melayani pengelolaan sistem manajemen mutu, sistem manajemen keamanan pangan, dan food packaging berdasarkan IDO 9001, ISO 22000 dan good manufacturing practices (GMP), ” kata Direktur Utama PT Surveyor Indonesia (Persero), Dian M.Noer dalam siaran pers di Jakarta, Senin (22/4/2019).

Pada kesempatan itu, Dian meresmikan kantor Surveyor Indonesia di Bali yang merupakan perluasan wilayah kerja Surveyor Cabang Surabaya.

Ia menjelaskan, potensi IKM di Bali sangat besar untuk dikembangkan menuju ekspor, hanya saja masih perlu pembenahan terutama tidak adanya sistem manajemen mutu, sistem manajemen keamanan pangan, good manufacturing practice (GMP) dan good packaging yang memenuhi standar.

Sementara itu, Direktur Komersial 2 Surveyor Indonesia, Darwin Abas mengatakan, Surveyor Indonesia, akan menyediakan aplikasi berbasis IT bagi industri dan IKM Bali untuk mengelola sistem manajemen tersebut.

Selanjutnya, menyediakan tenaga ahli konsultan sistem manajemen, training center dan membantu pemasaran produk melalui aplikasi e-commerce bagi IKM yang sudah disertifikasi oleh Surveyor Indonesia.

Sejumlah mitra Surveyor sesama BUMN di Bali antara lain, PT PLN (Persero). PT Pelindo 3 (Persero), PT Angkasa Pura 1, PT Telkom dan ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) untuk kegiatan inspeksi, sertifikasi dan konsultasi.

Surveyor Indonesia wilayah Bali ini juga sudah menjadi mitra dinas-dinas di lingkungan pemerintahan provinsi, kabupaten/kota di Bali terkait kegiatan konsultasi dan survey sejak tahun 2004.

“Surveyor Indonesia akan meningkatkan kerja sama dengan pemerintah daerah, menggali potensi proyek dan bisnis melalui kerjasama dan sinergi BUMN. Yang terpenting tentu saja meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan dan menjaga kualitas delivery,” tegas Darwin.

Surveyor Indonesia adalah BUMN yang memiliki visi sebagai perusahaan pemberi jaminan kepastian yang tidak memihak dalam setiap transaksi (independent assurance).

“Pengalaman kami melayani pasar jasa tersebut selama ini menjadi kekuatan utama yang didukung oleh sumber daya manusia yang kuat dalam memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan,” katanya.

Empat fokus layanan Surveyor yaitu penguatan institusi kelembagaan, infrastruktur, mineral dan batubara, serta migas dan sistem pembangkit. (roy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *