in

Surat Lion Air Ke AP 1 Bukti Ancaman Krisis Maskapai Sudah Di Depan Pintu

PT Lion Mentari Airlines mengajukan permohonan penundaan pembayaran jasa kebandaraan kepada PT Angkasa Pura I untuk periode Januari-Maret 2019.

Businesstoday.id, Jakarta – PT Lion Mentari Airlines mengajukan permohonan penundaan pembayaran jasa kebandaraan kepada PT Angkasa Pura I untuk periode Januari-Maret 2019.

Berdasarkan surat permohonan Lion Air yang beredar, manajemen menyebut, situasi harga jual yang rendah tidak sebanding dengan kenaikan biaya sehingga berpengaruh pada pendapatan perusahaan.

Beberapa tagihan yang ditunda pembayarannya di antaranya untuk sewa ruangan dan lahan, parking fee, landing fee and aviobridge, check in counter dan baggage handling system.

Baca Juga :Pengamat Politik Sebut Koalisi Adil Makmur Potensi Kandas
Kesulitan yang dialami maskapai singa merah itu menjadi perhatian pengamat penerbangan Alvin Lie

“Ancaman krisis yang sering saya khawatirkan, sekarang sudah di depan pintu,” cuit anggota Ombudsman RI ini melalui akun Twitternya @alvinlie21.

Alvin seolah mengingatkan kembali pernyataannya beberapa waktu lalu, terutama mengenai kebijakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) selaku regulator, yang menurunkan Tarif Batas Atas (TBA) sebesar 12-16 persen per 16 Mei lalu, untuk menekan harga tiket penerbangan domestik.

Menurut dia, dalam menentukan besaran tarif, Kemhub harus memperhatikan kepentingan seluruh stakeholders dan bukan hanya mendengarkan keluhan konsumen, terutama konsumen atau pengguna pesawat bermesin jet.
Baca Juga :BPN Jawab soal Andi Arief yang Sebut Saran Demokrat Selalu Ditolak oleh 02: Kapan Beri Masukan?

Dalam UU 1/2009 tentang Penerbangan, semuanya dinyatakan bahwa Kemhub wajib mengatur harga agar wajar.

“Tapi, wajar tidak harus selalu murah. Termasuk, menjaga agar persaingan sehat dan perusahaan penerbangan berkembang secara sehat,” kata Alvin dalam keterangannya, Jumat (17/5/2019) lalu. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *