in

Strategi Memilih Bidang Usaha yang Tepat Hanya dalam Empat Langkah

Lebih baik memilih bisnis secara lebih aman, dibandingkan tanpa pertimbangan, apalagi hanya karena ikut-ikutan trend. /Pixabay /Free-photo

BUSINESS TODAY – Forum konsultasi tanya-jawab seputar kewirausahaan di bawah ini merupakan hasil kerjasama antara Successful Business 360 dengan media online Businesstoday.id.


Pertanyaan: Saya memiliki uang sekitar seratus juta rupiah, saya ingin memulai usaha, saya berencana membangun kedai kopi kekinian seperti yang sedang tren sekarang. Apakah pilihan bisnis itu sudah benar atau bagaimana menentukan bisnis apa yang cocok untuk saya? – Sutarni, Jombang

JAWAB: Menentukan bidang usaha adalah sebuah keputusan yang paling mendasar dalam bisnis. Kesalahan dalam memilih bisa menjadi fatal, apalagi kalau ini merupakan bisnis pertama.

Bisa jadi kegagalan bisnis pertama membuat patah harapan untuk menjadikan usaha sebagai jalan hidup kita.

Untuk memilih bisnis yang sesuai dan aman untuk kita mulai jalankan, istilah kerennya “securing start”, ada empat langkah yang perlu dilakukan.

Pertama, pilih apa yang diminati. Buatkah list bisnis apa yang paling diminati dan disukai untuk dijadikan pegangan hidup dalam jangka panjang. Peminatan satu bidang bisnis akan membawa kecintaan pada bisnis itu, sehingga jatuh bangunnya bisnis bisa dinikmati ibarat sebuah perjalanan cinta.

Namun bukan cinta buta, bisnis yang kita cintai tersebut harus benar-benar memberikan kehidupan kepada kita. Kalau tidak, tinggalkan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *