in

SKK Migas-PetroChina Gelar Aksi Bersih Lingkungan Kurangi Sampah Plastik

PetroChina dan warga bersama-sama melakukan kerja bakti membersihkan sampah plastik dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang digelar di kawasan Geragai Kabupaten Tanjabtim.

Businesstoday.id, Jambi – SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd. bersama masyarakat di sekitar perusahaan menggelar sosialisasi tentang Beat Plastic Pollution dan Aksi Bersih Lingkungan Kurangi Sampah Plastik untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup 2018. Peringatan Hari Lingkungan Hidup ini dilaksanakan pada tanggal 06 September 2018. Aksi bersih lingkungan kurangi sampah plastik tersebut dilakukan dari Lokasi NGF hingga Geragai Admin Building PetroChina di Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tabjabtim)

Kegiatan yang diikuti sekitar 250 orang dari karyawan SKK Migas – PetroChina dan masyarakat dari sejumlah desa di Kecamatan Geragai Kab. Tanjabtim itu menyisir jalan di wilayah kerja PetroChina yang berdampingan dengan wilayah masyarakat dengan membersihkan sampah di sepanjang jalan dan selokan, terutama sampah plastik.

Bergabung pula pada kegiatan itu Field Manager PetroChina Jabung Ltd Arif Hari Suseno, Kasubag Umum dan Kepegawaian Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi Indra Jaya, Camat Geragai Suwandi beserta Isteri, Ketua Panitia Kegiatan Aksi Bersih Lingkungan dr Frans Henny serta tokoh masyarakat di daerah itu.

Para peserta kegiatan aksi bersih lingkungan itu mengenakan seragam kaos hijau berlogo SKKMigas PetroChina dengan tema hari lingkungan hidup 2018 “Beat Plastic Pollution – Kendalikan Sampah Plastik” dan masing-masing dilengkapi dengan alat untuk memungut sampah dan alat lainnya yang bisa digunakan untuk menyisir sampah plastik di sepanjang dua kilometer jalan di kawasan perusahaan tersebut.

Rentetan kegiatan hari lingkungan hidup berfokus pada sosialisasi masyarakat di sekitar perusahaan untuk sama-sama ramah lingkungan dan bisa mengelola sampah dengan baik, terutama mengurangi sampah plastik. Target dari kegiatan itu, menunjukkan kepedulian kepada lingkungan di sekitar perusahaan juga mengajak masyarakat untuk tetap semangat menjaga lingkungan masing-masing, serta ikut meminimalisasi sampah plastik ” kata Field Manager PetroChina Jabung Ltd Arif Hari Suseno didampingi Ketua Panitia Pelaksana Bakti Sosial dr Frans Henny.

“Sampah plastik menjadi salah satu problem yang dihadapi saat ini, maka kami berupaya mengurangi sampah plastik di lingkungan perusahaan dengan cara memanfaatkan drum plastik menjadi tong sampah dan kami juga mensosialisasikan gerakan ini kepada masyarakat di sini dan kita harus berani menanamkan sikap dalam diri kita untuk terus berperan aktif menjaga lingkungan sekitar kita terutama terkait pengelolaan sampah plastik. Jika anda tidak dapat menggunakan kambali maka tolaklah “If you can reduce it, refuse it” kata Arif Hari Suseno.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Panitia dr Frans Henny yang menyebutkan kegiatan itu akan dilakukan secara berkesinambungan. Pada kegiatan tersebut mengusung tema “Kendalikan Sampah Plastik”, sebagai komitmen bersama untuk mengatasi bahaya sampah plastik. Menurut beliau, masyarakat saat ini harus menjadi bagian dari agen perubahan dengan menggunakan kantong plastik dengan bijak dan juga bisa mengelola sampah dengan baik dari lingkungan keluarga atau lingkungan kerja masing-masing.

“Tema ini mengandung arti motivasi kerja dari seluruh pihak untuk menggunakan bahan yang ramah lingkungan dan mendorong daur ulang plastik. Khusus di lingkungan PetroChina mengupayakan penggunaan ‘tumbler’ sebagai pengganti botol kemasan plastik,” kata dr. Frans Henny.

DLH Provinsi Jambi dalam hal ini Kasubag Umum dan Kepegawaian Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi Indra Jaya menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd yang melibatkan masyarakat sekitar untuk peduli terhadap sampah plastik.

Dalam kegiatan yang berlangsung sejak pukul 07.30 WIB hingga pukul 11.00 WIB tersebut, top manajemen, karyawan, instansi pemerintah dan masyarakat bahu membahu menyisir sampah di kawasan tersebut, termasuk di beberapa selokan yang dipadati sampah plastik bekas kemasan air mineral.

Khusus untuk mendukung program lingkungan, baik Arif Hari Suseno maupun dr. Frans Henny menyebutkan perusahaan itu memiliki program berkelanjutan tak hanya dalam mengatasi sampah tapi juga program lingkungan lainnya. Termasuk yang digelar beberapa waktu lalu berupa penanaman pohon di hutan kota Muarasabak Tanjung Jabung Timur. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *