in

Ruh Financial Planning adalah Disiplin

Hasan Zein Mahmud dan istri

Businesstoday, Jakarta – Perencanaan keuangan memiliki fungsi penggerak atau pemberi tugas (task setting). Tujuan organisasi kemudian dipilah menjadi tujuan masing-masing unit dalam organisasi, bahkan diterjemahkan ke dalam tugas masing masing individu dalam organisasi.

“Perencanaan keuangan untuk organisasi usaha sudah berkembang sejak lama”

Hasan Zein Mahmud, Presdir Pertama (Periode 1992-1997) PT Bursa Efek Indonesia menjelaskan bahwa perencanaan juga memiliki fungsi tolok ukur pencapaian (bench marking), keberhasilan satu unit atau satu individu dalam organisasi, hanya mungkin dilakukan secara objektif bila ada tujuan yang dirumuskan secara terukur, sebagai pembanding.

Perencanaan juga memiliki fungsi pengukuran efisiensi, dan banyak lagi.
Dengan alur pikir serupa, perencanaan keuangan merupakan rumusan tentang tujuan keuangan yang ingin dicapai dan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan itu.

Bagi organisasi usaha, tujuan itu bisa berbentuk target ekspansi, perbaikan struktur modal dan semacam itu. Bagi individu, tujuan finansial itu bisa berupa rencana pendidikan anak-anak, membeli rumah atau mobil baru, melunasi utang, mengembangkan hobi, sumbangan sosial, karitas, dan semacamnya.

Penjelasan ini ditujukan untuk segmen individu, bukan organisasi. Perencanaan keuangan untuk organisasi usaha sudah berkembang sejak lama, termasuk dalam kurikulum sekolah-sekolah bisnis.

Disiplin seperti budgeting, managerial accounting, business plan, forecasting financial statement, pada dasarnya terkait dan berurusan dengan perencanaan keuangan organisasi usaha.

Sementara perencanaan keuangan individu (private financial planning) baru berkembang beberapa tahun belakangan. Padahal perencanaan keuangan pribadi lebih krusial ketimbang perencanaan keuangan organisasi usaha. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *