in

Rini : LinkAja akan Diluncurkan pada Maret 2019

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno.

Businesstoday.id, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengungkapkan bahwa pihaknya sebentar lagi akan meluncurkan layanan pembayaran elektronik LinkAja.

“Sebentar lagi kita akan meluncurkan LinkAja, kita harapkan pada permulaan Maret ini kita akan meluncurkannya,” ujar Menteri Rini kepada wartawan di Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Rini menjelaskan bahwa BUMN itu satu keluarga dan BUMN itu merupakan badan usaha milik negara dan rakyat, sehingga dalam pelayanannya harus memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

Tujuan pembentukan platform sistem pembayaran LinkAja tersebut untuk mempermudah transaksi pembayaran dalam satu wadah.

“Kenapa kita punya sistem pembayaran ini berbeda-beda antara bank, telekomunikasi. Kenapa tidak kita jadikan satu agar menjadi lebih efisien dan bisa menjangkau masyarakat di seluruh pelosok Indonesia,” tutur Menteri Rini di sela-sela peluncuran Menara Astra.

Menteri BUMN tersebut juga menambahkan bahwa metode sistem pembayaran LinkAja akan menggunakan sistem kode respons cepat atau quick respons (QR Code).

“Jadi kita berharap LinkAja akan bisa bermanfaat untuk masyarakat Indonesia,” ujar Rini.

LinkAja merupakan penggabungan beberapa layanan pembayaran elektronik dari beberapa BUMN ke dalam satu platform sistem layanan pembayaran elektronik.

Beberapa BUMN yang tergabung dalam LinkAja, di antaranya Telekomunikasi Indonesia, Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), dan Bank Tabungan Negara (BTN).

Sebelumnya Bank Indonesia (BI) mengatakan kode respons cepat (QR Code) dalam sistem pembayaran akan dapat digunakan lintas layanan dan terkoneksi dari berbagai perusahaan penyelenggara.

Dengan demikian sistem pembayaran menjadi lebih efisien. Pelaku usaha (merchant) yang bekerja sama dengan perbankan, tidak perlu menyediakan banyak kode QR dan nasabah tidak perlu memiliki kode QR dari berbagai bank, ataupun uang elektronik di gawainya, guna melakukan transaksi pembayaran. (aji)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *