in

Rembug Daerah Bidang Pangan Beri Masukan Soal Ketahanan Pangan

Businesstoday.id, Jakarta – Untuk memberikan masukan kepada pemerintah dalam rangka strategi ketahanan pangan, Institut Pertanian Bogor (IPB) mengadakan Rembug Daerah Bidang Pangan yang diadakan di auditorium IPB Bogor pada hari Jumat (20/10/2017).

“Apapun kebijakan pemerintah harus berdasar pengetahuan dan data yang benar”

Pada acara tersebut dihadiri para akademisi dari berbagai universitas yaitu IPB, UNPAD, UGM, UNAIR, UNSRI dan UNILA serta berbagai institusi bidang pertanian dan pangan seperti Bulog, Litbang Pertanian dan lainnya.

Acara dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc. kemudian dilanjutkan Dr. IR. Firdaus Ali, M.Sc, Ketua Rembug Nasional III 2017, mengatakan bahwa acara ini diadakan sebagai kritik bagi pemerintah dan masukan kepada pemerintah untuk dua tahun kedepan.

Sedangkan Sidarto Danusubroto anggota Dewan Pertimbangan Presiden menjelaskan bahwa apapun kebijakan pemerintah harus berdasar pengerahuan dan data yang benar apalagi yang bersangkutan dengan ketahanan pangan.

Dikesempatan itu pula Prof. Dr. Ir. Dwi Andreas Santosa, MS, Ketua Bidang Rembug Pangan, menegaskan tentang empat hal penting dalam bidang pangan yang mampu membuat bidang ini makin membaik, yaitu dengan menarik perhatian pemuda ke bidang pertanian, memperbaiki data dibidang pangan karena data menjadi kunci agar tata kelola pangan menjadi baik.

Selain itu, harmonisasi kebijakan dalam hal ini harmonisasi antar lembaga yang berkaitan dengan bidang pangan dan terakhir mutu dan keamanan pangan harus lebih ditingkatkan. Empat isu ini menurut Andreas harus diselesaikan dalam dua tahun kedepan dan lima tahun selanjutnya. (ach)