in

Pengusaha Nilai Positif Pameran MICE untuk Pengembangan Pasar

Managing Director Bali Leisure, Putu Juarez Robin Putra di Bangkok, Kamis (26/9/2019).

Businesstoday.id, Bangkok – Pelaku bisnis bidang pariwisata travel dan MICE (Meeting, Incentive, Convention & Exhibition) menilai positif pameran pameran MICE (IT&CMA) lantaran cukup efektif dalam mengembangkan dan memperluas pasar.

Selain itu pameran IT&CMA yang diselenggarakan setiap tahun ini dapat menjadi pendorong daya saing untuk selalu memperbaiki mutu produk dan layanan kepada para buyers yang selalu berubah seiring kebutuhan pasar.

Managing Director Bali Leisure, Putu Juarez Robin Putra di Bangkok, Kamis (26/9/2019), mengatakan perusahaannya selalu mengikuti ajang pameran pariwisata internasional tersebut, karena efektif dalam mencari dan mengembangkan pasarnya.

Selain itu, kata dia, dengan ikut pameran perusahaannya dapat menyerap apa yang diminta pasar saat ini maupun ke depannya.

“Kami juga bisa belajar dan membandingkan dengan perusahaan MICE sejenis terutama dalam produk dan strategi pemasarannya,” katanya.

Dia mengatakan cukup banyak calon buyers dari Eropa, Asia, Pasifik yang datang dan menyatakan minatnya untuk berkunjung ke Bali.

“Namun untuk sampai menjadi realisasi mereka para buyers datang ke Bali, tergantung dari kitanya menjelaskan dan meyakinkan mereka apa yang menjadi keinginannya,” katanya.

Sementara itu Deputy Head of Sales Marketing Indonesia Convention Exhibition (ICE), David Budijuwono mengatakan sejauh ini pameran MICE ada manfaatnya untuk perusahaan.

Namun dia ingin agar bisnis MICE yang padat modal ini dapat dukungan penuh dari semua pemangku kepentingan terutama pemerintah.

“Percuma saja kalau kita punya produk bagus tapi regulasinya tidak mendukung, ya sia-sia,” katanya.

Dia menyebut selama ini pemasaran dan promosi MICE ke luar negeri dilakukan secara terpencar oleh beberapa pihak. Seharusnya kata dia dilakukan dalam satu atap sehingga mempermudah alur dan lebih efektif hasilnya.

Karena itu dia mendukung adanya divisi khusus yang menangani MICE di dalam Kementetian Pariwisata.

“Ini (divisi khusus MICE) bagus dan kami dukung,” ujarnya. (bis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *