in

Pengunjung Kebun Raya Indrokilo Digratiskan Hingga Lebaran

Pemerintah Kabupaten Boyolali masih memberikan kesempatan masyarakat atau pemudik yang berkunjung ke objek wisata Kebun Raya Indrokilo.

Businesstoday.id, Boyolali – Pemerintah Kabupaten Boyolali masih memberikan kesempatan masyarakat atau pemudik yang berkunjung ke objek wisata Kebun Raya Indrokilo di Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo, tanpa dipungut retribusi tiket masuk atau gratis hingga usai Lebaran 2019.

“Kebun Raya Indrokilo Boyolali yang baru dibuka untuk umum, mulai Jumat(3/5/2019), tetapi para pengunjung digratiskan hingga habis Lebaran, sehingga warga yang mudik Lebaran bisa mampir melihat kebun raya kebanggaan masyarakat lereng Merapi,” kata Bupati Boyolali, Seno Samodro, di Boyolali, Kamis.

Menurut Seno Samodro pembangunan kebun raya tersebut dilakukan dari nol untuk mendukung konsep Boyolali menjadi kota air, kota hijau, dan kota pintar.

Pembangun Kebun Raya Indrokilo baru tahapan awal, tetapi pihaknya yakin lokasi itu, akan menarik di hampir setiap sudutnya karena artistik seperti istana swafoto. Dan, setiap hari libur atau akhir pekan sudah ada ribuan masyarakat yang berkunjung ke sini.

“Kami prediksi Kebun Raya Indrokilo salah satu tujuan wisata bagi para pemudik masa liburan Lebaran tahun ini. Pengunjung Indrokilo bakal membludak. Apalagi, pengunjung masuk kawasan kebun raya masih gratis, dan akses jalan menuju lokasi juga tidak jauh dari Kota Boyolali atau jalur tol,” katanya.

Masyarakat dapat berkunjung di kebun raya, dan setelah Lebaran baru akan ada retribusi tiket masuk lokasi sebesar Rp5.000 per orang.

Kepala Seksi Pemeliharaan Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Boyolali Budi Listyono mengatakan pembangunan Kebun Raya Indrokilo hingga kini masih dilakukan perbaikan-perbaikan yang masih perlu disempurnakan seperti akses pintu masuk melalui jembatan.

Objek Wisata Kebun Raya Indrokilo Boyolali kini bertambah semarak dengan adanya tambahan fasilitas pendukung untuk pengunjung baik untuk kalangan anak-anak maupun dewasa.

Menurut Budi Listiyono dapat dilihat di sisi sebelah barat kebun raya, pengunjung akan menemui sebuah wahana mancakrida atau arena outbond yang dapat digunakan untuk bermain anak-anak. Dengan tali temali yang dirangkai sedemikian rupa, menjadikan area itu, aman digunakan anak-anak bermain melatih keseimbangan.

Selain itu, kata Budi Listyano Kebun Raya Indrokilo juga dihiasi berbagai taman, pohon langka. Bahkan, objek juga dilengkapi air mancur meniru air Niagara, dan taman-taman tematik buah-buahan, obat-obatan, bambu yang menarik untuk swafoto bagi pengunjung.

“Kebun Raya Indrokilo Boyolali juga dihiasi sejumlah patung antara lain Sosro Birowo untuk menghiasi taman,” kata Budi.

Para pengunjung yang hendak menikmati lokasi kebun raya dengan naik sepeda ontel, dan pengelola menyediakan untuk disewakan. Karena, pengunjung tidak bisa masuk ke lokasi dengan kendaraan bermotor. Pengunjung dengan kendaraan hanya bisa dibatas lokasi parkir yang telah disediakan oleh pengelola.

“Pengunjung tidak boleh masuk lokasi dengan kendaraan bermotor. Kami hingga sekarang terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat soal batas kendaraan masuk lokasi kebun raya,” katanya. (bam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *