in

Pengendalian Transportasi Laut Jelang Lebaran di Makassar Tertib dan Disiplin

Direktur Kenavigasian Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Hengki Angkasawan. (Foto: Instagram @djplkemenhub151)

Businesstoday.id, Jakarta – Direktur Kenavigasian Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Hengki Angkasawan mengatakan, pengendalian transportasi laut jelang Lebaran 1441 H/2020 di Makassar berjalan dengan tertib dan disiplin.

“Kunjungan Kerja ke Pelabuhan Makassar kali ini adalah dalam rangka pemantauan dan pengecekan kesiapan Pelabuhan Makassar dalam melayani kapal dan penumpang menjelang Lebaran 2020 sesuai Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor SE.21 Tahun 2020 tentang Petunjuk Operasional Transportasi Laut Untuk Pelaksanaan Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 khususnya di wilayah Sulawesi Selatan,” kata Hengki, Kamis (21/5/2020).

Menurutnya, Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor SE 21 Tahun 2020 tanggal 8 Mei 2020 merupakan pedoman bagi segenap jajaran Ditjen Perhubungan Laut dalam melaksanakan pengendalian transportasi untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 melalui transportasi laut.

“Sesuai arahan Dirjen Hubla bahwa semua Jajaran di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut terutama bagi petugas dilapangan seperti para Syahbandar dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) di daerah, Badan Usaha Pelabuhan dan Badan Usaha Angkutan Pelayaran maupun Usaha Jasa Terkait harus melaksanakan pembatasan perjalanan orang melalui transportasi laut dalam rangka percepatan penanganan Pandemi Covid-19,” Kata Hengki.

Terkait dengan hal ini, Hengki meminta agar Tim Posko Antisipasi Covid-19 Pelabuhan Makassar dapat bersinergi dan bekerjasama dengan baik antar Instansi atau stakeholders terkait di pelabuhan, guna menciptakan transportasi yang aman dan mendukung upaya pemerintah dalam memutus mata rantai pandemi Covid-19 dengan menerapkan aturan yang sudah ditetapkan pemerintah.

“Seluruh petugas di lapangan, operator kapal maupun masyarakat harus mematuhi dan melaksanakan ketentuan yang diatur dalam Surat Edaran Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020 dan SE Dirjen Hubla No. SE. 21 Tahun 2020 terutama dalam memastikan calon penumpang memenuhi persyaratan sebelum diberikan tiket dan memberlakukan SOP sesuai Protokol Kesehatan secara ketat seperti tetap jaga jarak (physical distancing) dan pengendalian jumlah antrian calon penumpang pada loket tiket,” ujar Hengki.

Pada kunjungan ke Makassar ini, selain meninjau Posko Terpadu Antisipasi Covid-19, Hengki juga melihat kegiatan operasional pelabuhan di dermaga dan naik ke kapal tol laut, KN. Kendhaga Nusantara yang akan mengangkut logistik dan berkomunikasi dengan Nakhoda Kapal. (inf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *