in

Pengamat : Capres Harus Prioritaskan Pengembangan Transportasi Publik

Pengamat transportasi Capres menyarankan memprioritaskan pengembangan transportasi publik dalam pembangunan transportasi mendatang.

Businesstoday.id, Jakarta – Pengamat transportasi Darmaningtyas menyarankan agar kedua calon presiden (capres) memprioritaskan pengembangan transportasi publik dalam pembangunan transportasi mendatang.

“Saya kira pengembangan transportasi umum itu harus menjadi prioritas utama, makanya saya mengusulkan agar pembangunan jalan tol di Jawa dihentikan,” ujar Darmaningtyas saat dihubungi Antara di Jakarta, Sabtu (16/2/2019).

Ia menjelaskan bahwa jalan-jalan tol di Jawa sudah cukup dengan adanya tol Trans Jawa, dan sekarang yang harus dikembangkan adalah angkutan kereta api.

Moda kereta api, menurut Darmaningtyas, memiliki kapasitas jauh lebih besar untuk angkutan umum dibandingkan membangun jalan tol yang ujung-ujungnya didominasi oleh kendaraan pribadi.

“Di negara-negara manapun transportasi yang bertumpu pada kendaraan pribadi akan mengalami kegagalan, karena memboroskan BBM, menimbulkan polusi udara, dan kemacetan,” tuturnya.

Ia menambahkan bahwa kedua capres harus memiliki komitmen besar untuk membangun infrastruktur khususnya pada transportasi publik baik yang berbasis darat, air maupun udara.

Debat pilpres 2019 babak kedua akan membahas energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Debat babak kedua termasuk dalam lima babak debat pilpres 2019 dengan debat pertama mengenai hukum, HAM, korupsi dan terorisme telah digelar pada 17 Januari 2019.

Debat terakhir yakni debat babak kelima akan mengangkat tema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri sekaligus akan menjadi debat pamungkas bagi seluruh rangkaian debat pilpres 2019. (aji)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *