in

Pemprov Bangka Belitung Canangkan Gerakan Budaya Menanam Lada

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Djohan.

Businesstoday.id, Pangkalpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mencanangkan gerakan budaya menanam lada putih, sebagai upaya mengembalikan kejayaan komoditas khas daerah itu di pasar dunia.

“Kita kedepannya lebih menonjolkan aspek budayanya, karena menanam lada ini sudah menjadi tradisi dan turun temurun masyarakat,” kata Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Senin (26/11/2018).

Menurut dia aspek budaya dalam mengembalikan kejayaan lada putih ini penting, guna memotivasi generasi muda dan masyarakat mengembangkan usaha perkebunan lada putih ini.

Selain itu, gerakan ini akan mengoptimalkan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat, bagaimana menanam lada putih dengan baik, biaya pengelolaan yang rendah dengan hasil panen meningkat.

“Apa yang telah kita lakukan dalam mengembalikan kejayaan lada ini tentu akan menguntungkan petani dalam meningkatkan kesejahteraan keluargannya,” ujarnya.

Menurut dia upaya mengembalikan kejayaan lada ini bukan harga komoditas itu meningkat, tetapi bagaimana membuat manajemen penananam lada yang efektif, efisien dan menghasilkan keuntungan yang lebih bagi masyarakat.

Ia mencontohkan, hasil dua ton per hektare tetapi harga tetap dengan hasil 400 kilogram per hektare per tahun dengan harga naik.

“Tentu yang lebih baik hasil dua ton per hektare dengan harga tetap, masalah harga naik dikemudian hari itu bonus bagi petani,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia menegaskan masalah harga lada putih itu urusan pasar, pemerintah tidak bisa membuat kebijakan untuk menaikkan harga komoditas itu di pasar dunia.

“Kita tidak bisa mempengaruhi kebijakan pasar, oleh karena itu diharapkan petani tidak lagi mengeluhkan harga lada rendah, tetapi berupaya untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas komoditas itu,” katanya. (pri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *