in

Pempov Babel Ajukan Penambahan Angkutan Laut Mudik Lebaran

Wakil Gubernur Kepulauan Babel, Abdul Fatah.

Businesstoday.id, Pangkalpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajukan penambahan kapasitas dan jadwal angkutan laut kepada Menteri Perhubungan dan Kepala Staf Angkatan Laut untuk mengantisipasi lonjakan penumpang kapal laut selama arus mudik Idul Fitri 1440 Hijriah di daerah itu.

“Kami telah berkirim surat kepada Kemenhub maupun KSAL untuk meminta penambahan armada, kapasitas maupun jadwal angkutan laut,” kata Wakil Gubernur Kepulauan Babel Abdul Fatah saat memimpin Rakor Penyelenggaraan Angkutan Laut Mudik Lebaran 1440 H di Pangkalpinang, Jumat (10/5/2019).

Menurut dia, mudik merupakan sesuatu fenomena masyarakat dalam merayakan Idul Fitri di kampung halaman. Pada tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya karena harga tiket pesawat udara melambung tinggi sehingga angkutan laut ini akan menjadi pilihan masyarakat untuk mudik lebaran.

“Pada tahun lalu, angkutan udara ini menjadi pilihan utama masyarakat untuk mudik lebaran, namun tahun ini dengan kondisi harga tiket yang melambung tinggi, masyarakat akan beralih menggunakan angkutan laut yang harga tiketnya lebih terjangkau,” katanya.

Ia mengatakan hingga kini Kementerian Perhubungan masih membicarakan upaya penurunan harga tiket angkutan udara dan belum menemukan hasilnya.

“Daripada menunggu hasil keputusan tarif angkutan udara itu, pemprov berupaya mencari solusi lain yaitu menyediakan angkutan laut,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Babel, KA Tajudin mengatakan fasilitas kapal untuk mengangkut penumpang khususnya dari Jakarta – Babel sangat terbatas.
“Kami berharap dengan rakor ini mendapatkan solusi untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang diperkirakan mulai terjadi pada H-15,” katanya.

Kepala KSOP Pangkalbalam Izuar mengatakan menyiagakan lima kapal untuk mengantisipasi lonjakan calon penumpang selama arus mudik Idul Fitri 1440
Hijriah.

“Kami sudah menyiapkan empat kapal jenis ro-ro dan satu kapal cepat untuk melayani calon penumpang kapal,” katanya. (apr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *