in

Pemerintah Selesaikan Dua Proyek Infrastruktur Strategis pada Semester I

KPPIP mencatat dua proyek infrastruktur yang termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) telah selesai dalam periode Januari-Juni 2018.

Businesstoday.id, Jakarta – Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) mencatat dua proyek infrastruktur yang termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) telah selesai dalam periode Januari-Juni 2018.

Keterangan pers tertulis KPPIP yang diterima, di Jakarta, Rabu (15/8/2018), menyebutkan dua proyek tersebut adalah Kereta Api Prabumulih-Kertapati yang menjadi bagian dari jaringan kereta api Trans Sumatera dan Bendungan Raknamo di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dengan pencapaian ini, maka jumlah PSN yang telah selesai sejak 2016 hingga bulan Juni 2018 adalah sebanyak 32 PSN. KPPIP memproyeksikan sebanyak 10 PSN selesai pada akhir 2018.

Bila semua berjalan sesuai target, maka secara kumulatif terdapat 40 PSN yang akan selesai dalam jangka waktu 2016-2018.

KPPIP juga mencatat perkembangan 44 proyek dan satu program ketenagalistrikan yang mulai beroperasi dan dapat digunakan oleh masyarakat tapi belum mendapat status selesai.

Contoh proyek tersebut antara lain Bandara Kertajati, Bendungan Tanju, Jalan Tol Gempol-Pasuruan, Palapa Ring Paket Barat, Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, dan Jalan Tol Bogor Ring Road.

Proyek-proyek ini masih mempunyai beberapa bagian, fase, paket, dan ruas yang belum sepenuhnya selesai pengerjaannya.

Dalam kesempatan ini, KPPIP juga menargetkan 28 proyek konstruksi yang akan mulai beroperasi di 2018 serta sebanyak 49 proyek konstruksi akan mulai beroperasi di 2019.

Sedangkan, 41 proyek dalam tahap konstruksi dan akan beroperasi setelah 2019, enam proyek dalam tahap transaksi dan 53 proyek serta satu program industri pesawat dalam tahap penyiapan.

KPPIP juga mencatat sebanyak 59 proyek telah kehilangan status PSN, dengan rincian 30 proyek telah selesai dan 29 proyek dicabut status PSN, karena tidak lagi memenuhi kriteria yang ditetapkan.

Secara keseluruhan, KPPIP menegaskan untuk terus mengawal dan mendorong percepatan pembangunan PSN bersama pemangku kepentingan lainnya agar capaian yang ditetapkan berhasil diraih dengan optimal. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *