in

Pemerintah Dorong Penggunaan 50 Persen Komponen Lokal

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Businesstoday.id, Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah Indonesia mendorong penggunaan 50 persen komponen lokal untuk pembangunan infrastruktur terutama perkeretaapian saat ini.

“Kami akan intensifkan sekali penggunaan produksi industri kereta api kita. Gunakan komponen lokal meningkat. Pada saat kita membangun pertama masih 30 persen, sekarang 40 persen, dalam waktu dekat ini kita bersama-sama BUMN kita akan tingkatkan di atas 50 persen,” kata Menhub Budi, Jakarta, Kamis (23/8/2018).

Sesuai amanat Presiden Joko Widodo, proyek-proyek dalam negeri harus lebih banyak menggunakan komponen lokal.

Dengan menggunakan lebih banyak komponen lokal maka banyak dampak positif yang diperoleh, antara lain menghemat devisa banyak sekali, menyerap banyak tenaga lokal dan memungkinkan ekspor.

Ia mencontohkan proyek kereta api yang di Palembang max h menggunakan 40 persen komponen lokal.

Terkait proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya, Budi menuturkan pihaknya meminta harga yang layak (reasonable), kesertaan kontraktor dalam negeri dan penggunaan.

“Saya minta kepada BPPT (badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) untuk mengawal supaya komponen itu makin banyak digunakan,” tuturnya. (mar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *