in

Pelni Segera Operasikan Kapal Perintis Baru di Kepulauan Sangihe

Pelni akan mengoperasikan kapal perintis yang baru di wilayah kepulauan Sangihe untuk membantu transportasi laut antar pulau.

Businesstoday.id, Sulut – Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Frans Purawou mengatakan Pelni akan mengoperasikan kapal perintis baru di wilayah Kepulauan Sangihe.

“Pelni akan mengoperasikan kapal perintis yang baru di wilayah kepulauan Sangihe untuk membantu transportasi laut antar pulau,” kata Frans Porawou di Tahuna, Kamis (31/10/2019).

Menurut dia, kapal tersebut saat ini sudah berada di dermaga pelabuhan Tahuna menunggu penyerahan dari pemerintah pusat kepada pihak Pelni sebagai pengelola.

“Kapal perintis 109 saat ini sudah ada di Tahuna dan belum dioperasikan sebab menunggu penyerahan dari pemerintah pusat kepada Pelni,” kata dia.

Ia mengatakan, pemerintah kabupaten akan melakukan komunikasi dengan pihak Pelni sebagai operator untuk membahas rute pelayaran kapal tersebut.

“Rute pelayaran kapal perintis akan dibicarakan dengan pihak Pelni sebagai operator apakah hanya melayani masyarakat di wilayah Kabupaten Sangihe seperti Marore, Kawio, Matutuang, atau sampai wilayah kepulauan Talaud dan Sitaro,” kata Purawow.

Pemerintah kabupaten Sangihe kata dia sudah menyampaikan surat kepada pemerintah pusat melalui Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan agar secepatnya kapal ini diserahkan.

“Kami sudah menyampaikan surat kepada Dirjen Perhubungan Laut agar kapal segera diserahkan mengingat lonjakan penumpang menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru,” kata dia.

Dia menambahkan, untuk anak buah kapal yang bertugas di kapal perintis 109 ini akan diambil dari putra-putri dari Sangihe. “Pelaut asal Sangihe di prioritaskan bekerja menjadi anak buah kapal di kapal perintis 109 ini,” kata dia. (jer)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *