in

Pelindo III Tingkatkan Standar Layanan Kepelabuhanan

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III berencana meningkatkan standar layanan kepelabuhanan.

Businesstoday.id, Surabaya – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III berencana meningkatkan standar layanan kepelabuhanan, karena adanya tuntutan pertumbuhan arus logistik yang mendorong untuk terus melakukan evaluasi dan inovasi layanan.

Vice President Corporate Communication Pelindo III, R Suryo Khasabu di Surabaya, Kamis (6/9/2018), mengatakan saat ini arus peti kemas ekspor dan impor masih relatif tidak banyak berubah, meski di tengah pelemahan nilai tukar rupiah yang melanda beberapa negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Ia mengatakan, berdasarkan data Pelindo III per Juli 2018, di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya arus peti kemas ekspor tercatat meningkat 8,48 persen year on year, sedangkan arus impor juga meningkat 10,45 persen.

Ia menambahkan, pertumbuhan arus logistik itu mendorong Pelindo III sebagai BUMN operator terminal untuk terus melakukan evaluasi dan inovasi layanan, terutama untuk jasa utama seperti bongkar muat dari kapal ke dermaga (stevedoring).

Selain itu, untuk jasa pemindahan barang dari dermaga ke lapangan penumpukan atau gudang (cargodoring).

“Standar layanan kepelabuhanan akan ditingkatkan, sehingga dapat memenuhi harapan pelanggan. Dan saat ini sedang proses pembahasan dengan beberapa pengguna jasa perusahaan, terutama dari sisi komersialnya,” katanya.

Ia mengatakan, evaluasi layanan akan dilakukan di seluruh pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III, dan yang sudah berjalan adalah di Regional Kalimantan dan Regional Jawa Timur.

“Untuk wilayah lainnya akan dilakukan oleh Pelindo III secara bertahap. Dan kami targetkan dengan komunikasi yang intens, satu bulan ke depan kami sudah mencapai kata sepakat dengan pengguna jasa kami, dan tidak mengakibatkan gangguan layanan jasa kepelabuhanan yang disediakan oleh Pelindo III,” katanya. (ami)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *