in

Pelaku Usaha Deklarasikan Berdirinya “Sekobidu”

Dewan Pembina Sentra Komunitas Bisnis Terpadu (Sekobidu), Ahmad Syauqi (tengah), pada acara deklarasi Sekobidu.

Businesstoday.id, Jakarta – Sejumlah pelaku usaha dari empat lembaga usaha berlatar belakang santri mendeklarasikan berdirinya Sentra Komunitas Bisnis Terpadu (Sekobidu), sebagai upaya membangun arus baru perekonomian nasional berbasis ekonomi rakyat.

“Sekobidu adalah komunitas pengusaha muda yang komit untuk membangun arus baru perekonomian nasional. Terbentuknya Sekobidu akan terus bergerak dan membesarkan diri dengan harapan dapat memberikan dampak besar bagi ekonomi rakyat ke depan,” kata Marlon Kansil, di Jakarta, Minggu (30/12/2018).

Keempat lembaga usaha tersebut adalah, Koperasi Mitra Santri Nasional (KMSN), Forum Santri Nasional (FSN), Koperasi Santri Milenial Indonesia (KISMI), dan Santri Milenial Center (Simac).

Ketua Dewan Pembina Sekobidu, Ahmad Syauqi Ma’ruf Amin, mengatakan, berdirinya Sekobidu akan membangun jaringan baru dan menjadi media penengah di antara pelaku bisnis.

Menurut dia, Sekobidu akan berupaya menerapkan pemikiran KH Ma’ruf Amin tentang arus baru ekonomi Indonesia yang berbasis ekonomi rakyat. Sekobidu, kata dia, akan menjadi wadah bagi para pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya, agar tumbuh optimal. “Tidak sedikit pelaku usaha yang kesulitan mengembangkan usahanya, meskipun peluang usahanya potensial,” katanya.

Syauqi menjelaskan, Sekobidu akan berperan di antaranya melakukan pelatihan dan pendampingan, agar usaha yang dijalankan sesuai harapan.

Sementara itu, Koordinator Simac, Nurrohman menyatakan, dirinya bangga berdirinya Sekobindu karena dapat menjadi media penengah di antara para pelaku usaha sekaligus melakukan pendampingan bagi pelaku usaha baru.

Menurut dia, Simac yang salah satu usahanya adalah Kopi Abah, akan terus mengembangkan usahanya dengan membangun komunitas bisnis Kopi Abah. “Dengan terbentuknya Sekobidu diharapkan pengembangan bisnis Kopi Abah dapat lebih optimal,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Sekobidu Marlon Kansil, dan Sekretaris Sekobidu Rahman Fajriansyah, membacakan naskah deklarasi berdirinya Sekobidu, yang di dalamnya memuat beberapa komitmen, yakni menjadi pusat entrepreneur berkemandirian 4.0, memiliki azas kebersamaan dan toleransi, berdasarkan keadilan sosial, serta mendukung penuh program perekonomian pemerintah yang berazaskan Pancasila. (riz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *