in

Pasar Saham Australia Dibuka Melemah di Tengah Ketegangan Tarif

Indeks acuan S&P/ASX 200 turun 6,8 poin atau 0,11 persen menjadi diperdagangkan di 6.203,4 poin

Businesstoday.id, Sydney – Pasar saham Australia dibuka lebih rendah pada perdagangan Rabu, karena perang tarif antara Tiongkok dan Amerika Serikat mempengaruhi indeks utama dan bisnis teknologi pada khususnya.

Pada pukul 10.13 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 turun 6,8 poin atau 0,11 persen menjadi diperdagangkan di 6.203,4 poin, sementara indeks All Ordinaries yang lebih luas turun 7,4 poin atau 0,12 persen menjadi diperdagangkan di 6.295,4 poin.

Di bawah bayang-bayang perang tarif, Tiongkok dan AS bergerak melawan bisnis teknologi semalam (Selasa). Eskalasi melihat perdagangan Eropa positif yang dinegasikan oleh penurunan di AS.

Indikasi lebih lanjut dari meningkatnya kegugupan pasar datang dari pasar obligasi dan komoditas, kepala strategi pasar CMC Markets Michael McCarthy mengatakan dalam catatan pagi kepada investor.

Saham pada perkiraan pertumbuhan yang lebih tinggi dan harga saham lebih tinggi tampak rentan dalam perdagangan Asia-Pasifik untuk hari ini, sementara penanda obligasi mengindikasikan lingkungan pertumbuhan yang lebih rendah dan obligasi pemerintah AS bertenor 10-tahun jatuh ke imbal hasil terendah mereka dalam lebih dari sebulan, katanya.

Minyak menangkap berita utama, tetapi kemerosotan yang sedang berlangsung dalam logam industri memperkuat kekhawatiran yang diungkapkan oleh pedagang-pedagang obligasi.

Bank-bank besar Australia dibuka lebih rendah, dengan ANZ merayap turun 0,07 persen, Commonwealth Bank tergelincir 0,39 persen, National Australia Bank turun 0,32 persen dan Westpac kehilangan 0,24 persen.

Raksasa pertambangan BHP Billiton naik 0,36 persen dan saingannya Rio Tinto lebih tinggi 0,15 persen. Oil Search naik tipis 0,11 persen dan Woodside Petroleum bertambah 0,17 persen.

Wesfarmers turun 0,2 persen, sementara jaringan supermarket saingannya Woolworths bertambah 0,17 persen.

Operator penerbangan nasional Qantas naik 0,16 persen dan kelompok biotek CSL naik 0,54 persen. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *