in

Pariwisata Dorong Peningkatan PAD Manado Semester I

Wakil Wali Kota Manado, Mor Dominus Bastiaan.

Businesstoday.id, Manado – Perkembangan sektor pariwisata mendorong naiknya pendapatan asli daerah (PAD) Kota Manado, Sulawesi Utara, pada semester I 2018.

“Hasil evaluasi pada semester pertama 2018, menunjukkan realisasi PAD Manado mencapai 47 persen dari target tahun ini, di mana terbanyak disumbangkan pajak hotel dan restoran,” kata Wakil Wali Kota Manado, Mor Dominus Bastiaan, di Manado, Senin (9/7/2018). Dia mengatakan, dari evaluasi yang dihadiri seluruh perangkat daerah pengumpul PAD, menunjukan semester satu tahun ini, realisasi PAD mencapai Rp162 miliar dari target Rp339 miliar pada induk APBD 2018.

Secara umum, dia mengatakan, tingginya tingkat kunjungan wisatawan di Manado, telah membuat hunian hotel naik demikian juga dengan kunjungan restoran, sehingga secara otomatis membuat pajak yang dibayarkan juga tinggi, “Otomatis penyetoran pajaknya kepada pemerintah pun naik, sehingga membuat PAD Manado terdongkrak juga,” katanya. Karena itu, Bastiaan mengatakan, hasil evaluasi anggaran pada semester satu 2018, menunjukan realisasi PAD Manado masih “on the track” yang diharapkan akan terus demikian sampai akhir tahun. Bastiaan mengatakan, pendapatan paling banyak disumbangkan oleh sektor pajak hotel dan restoran, dimana pada semester satu 2018, sudah berada di atas 50 persen dari target yang ditetapkan pada induk APBD 2018. Dia mengatakan, untuk mendorong terus meningkatnya PAD Manado, pemerintah juga memaksimalkan semua potensi pendapatan daerah, bukan hanya dari sektor hotel dan restoran saja, tetapi semua termasuk parkir, IMB dan lainnya. (jhb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *