BUSINESSTODAY.ID – Ninja Xpress, perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia yang mengandalkan teknologi, terus berusaha meningkatkan kualitas layanan dengan menerapkan standar manajemen mutu internasional.

Melalui upaya tersebut, Ninja Xpress berhasil memperoleh dua sertifikasi penting, yaitu sertifikasi International Organization for Standardization (ISO) 9001:2015 untuk jasa layanan manajemen mutu pergudangan dan ISO 45001:2018 terkait penerapan prosedur Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) (17/0523).

Prinsip manajemen mutu dalam ISO 9001:2015 meliputi tujuh area fokus, antara lain fokus pada pelanggan, kepemimpinan, keterlibatan karyawan, pendekatan proses, perbaikan, pengambilan keputusan berbasis bukti, dan manajemen hubungan.

Sementara itu, ISO 45001:2018 tidak hanya menjamin keselamatan dan kesehatan para pekerja, tetapi juga bertujuan untuk meningkatkan produktivitas kerja dan kenyamanan saat bekerja.

Dengan layanan Ninja Xpress yang telah menjangkau dari Aceh hingga Papua, penting untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pengiriman tepat waktu sambil tetap memperhatikan keamanan sumber daya manusia.

Oleh karena itu, sertifikasi ISO diperlukan untuk memastikan bahwa layanan yang diberikan oleh Ninja Xpress memenuhi standar yang berlaku dan diakui baik di Indonesia maupun internasional.

Kedua sertifikasi tersebut menunjukkan bahwa Ninja Xpress memiliki sistem manajemen mutu berstandar internasional dan menerapkan sistem manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

Sertifikasi ini menjadi bukti kemampuan Ninja Xpress dalam memberikan kualitas layanan terbaik demi menjaga kepuasan pelanggan.

Ninja Xpress akan terus meningkatkan pengetahuan karyawan agar mereka dapat mengikuti dan memahami berbagai Standar Prosedur Operasional (SOP) dan standar kerja yang telah ditetapkan.

Selain itu, Ninja Xpress juga akan meningkatkan infrastruktur terkait Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) serta memastikan bahwa sistem manajemen mutu dan penerapan K3 berjalan seiring.

Rista Damonty, SVP of Business Process Excellence & Standardization Ninja Xpress, menjelaskan, “Dalam bisnis yang terus berkembang, kita membutuhkan standarisasi yang sama guna menjaga kualitas dan layanan Ninja Xpress di seluruh Indonesia.

Kami juga ingin menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan meminimalkan risiko yang terkait dengan manajemen kesehatan dan keselamatan kerja.

Ke depannya, kami berharap dapat dengan mudah menjaga kualitas layanan dan memastikan keselamatan sumber daya manusia agar produktivitas dan kepuasan pelanggan tetap terjaga.”

Ninja Xpress memperoleh sertifikasi ISO 9001:2015 dan ISO 45001:2018 secara bersamaan pada bulan Maret 2023.

Untuk memperoleh kedua sertifikasi ISO tersebut, Ninja Xpress telah melalui serangkaian kegiatan audit, dan sistem manajemen Ninja Xpress dinilai sesuai dengan lingkup sertifikasi.

Selain itu, untuk memastikan pemenuhan standar manajemen, Ninja Xpress secara rutin melakukan audit internal.

Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress, mengatakan, “Dengan komitmen untuk selalu mengantarkan barang sampai tujuan, Ninja Xpress tidak hanya mengutamakan kepuasan pelanggan, tetapi juga melindungi keselamatan dan kesehatan karyawan.

Dengan memperoleh dua sertifikasi ISO, kami berharap Ninja Xpress dapat terus mengembangkan bisnisnya untuk melayani berbagai sektor.”