in

Inilah Ndalem Ratu: Sejarah, Kuliner, dan Galeri di Malang

Hermin dan Anton (paling kiri dan kedua dari kiri) memotong rangkaian melati tanda pembukaan Ndalemratu

MALANG—Pernahkah Anda mencicipi menu khas kerajaan Jawa, sekaligus menikmati seni, budaya, serta sejarahnya secara bersamaan? Anton Y. Nugroho dan Hermin, memberikan jawabannya.

Pasangan itu mendirikan Ndalem Ratu, di Malang, Jawa Timur, yang menawarkan layanan terintegrasi, mulai dari restoran dengan menu kuliner khas kerajaan Jawa, yakni Singosari, Majapahit, dan Kediri; galeri batik dan pusat kerajinan, serta paket wisata bersejarah.

Anton, yang juga Direktur Keuangan PT Waskita Beton Precast Tbk, mengatakan kehadiran resto yang dipadukan dengan galeri batik dan pusat kerjajinan serta paket wisata bersejarah itu karena didorong kecintaan dan kepeduliannya terhadap peninggalan sejarah di bumi Nusantara.

“Ketiganya bersinergi untuk mengajak generasi di masa kini kembali mengingat serta melestarikan warisan seni dan budaya bangsa yang luhur,” katanya dalam keterangan resminya, Minggu (25/8/2019).

Hermin menjelaskan bahwa melalui makanan, Ndalem Ratu mencoba mengingatkan kembali sejarah kuno dengan menghadirkan menu khas dari Kerajaan Singosari, Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Kediri seperti : Nasi Pecel Kediri, Nasi Kuning Singosari, Nasi Urap, Nasi Lodeh dan masakan tradisional lainnya.

Ndalem Ratu melengkapi layanannya dengan menu minuman tradisional, seperti wedang jahe, jahe kelapa, es jeruk, dan lainnya. Ia  juga menghadirkan makanan ringan yang bertema tradisional dan beberapa menu tambahan yang cocok dinikmati bersama keluarga dan kerabat.

Menurut Hermin, Ndalem Ratu memiliki galeri batik yang menyediakan berbagai kebutuhan akan batik. Tersedia kain batik yang dibuatoleh perajin batik dari berbagai daerah di Indonesia, aksesori batik seperti tas, dompet, sandal, dan lainnya. Pada event khusus, tamu dapat melihat secara langsung proses pembuatan Batik dan mengikuti kelas membuat batik.

Melalui Paket Wisata Bersejarah, Ndalem Ratu mengajak untukmenelusuri kembali peninggalan sejarah di periode klasik bangsa Indonesia. “Penting bagi  kita yang hidup di masa kini mengenal dan melestarikan budaya peninggalan Kerajaan Kediri, Kerajaan Singosari dan Kerajaan Majapahit,” ucapnya.

Candi-candi dan beberapa bentuk peninggalan lain yang masih berdiri tegak adalah bagian dari kehidupan ratusan dan ribuan tahun yang lalu. Tersedia paket wisata   One Day Package dan Two Days Package yang akan mengajak para tamu melihat secara langsung peninggalan Kerajaan Singosari, Kerajaan Majapahit serta Kerajaan Kediri. Meeting point dari kota Malang menuju Singosari, Mojokerto dan Kediri.

Ndalem Ratu dibangun dengan luas tanah 415 m² dengan konsep bangunan Jawakuno. Dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Joglo di bagian depan, Pringitan di bagian tengah serta Sentong di bagian belakang yang masing-masing bagian memiliki arti dan fungsi yang khas dan berbeda.

Suasana Jawa Kuno kental terasa ketika menapakkan kaki di area Joglo hingga ke Sentong. “Meja makan dan kursi yang bergaya kuno, lampu, desain pintu serta jendela, lemari kayu yang berjajar membuat suasana semakin syahdu,” ujar ibu dua anak itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *