in

Menteri PUPR akan Ajak Tiga Pemenang Gagasan Desain ke Lokasi IKN

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono.

Businesstoday.id, Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono akan mengajak tiga pemenang Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota baru Negara (IKN) ke lokasi ibu kota baru tersebut.

“Pada Januari 2020 kami akan mengajak tiga pemenang terbaik untuk survei bersama ke lokasi IKN, agar mendapatkan sense of place yang dimulai dari titik pusat kawasan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan atau KIPP IKN,” kata Menteri Basuki di Jakarta, Senin (23/12/2019).

Menteri PUPR juga menambahkan bahwa tiga pemenang tersebut diminta untuk mulai melakukan pembahasan awal integrasi urban design, di bawah koordinasi Kementerian PUPR melalui Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR.

“Ibu Kota Negara yang merupakan pekerjaan besar bagi kita semua ini sangat memerlukan kontribusi dari saudara-saudara di berbagai bidang, khususnya di bidang urban design,arsitektur, perekayasaan, dan manajemen konstruksi,” ujar Menteri Basuki.

Menteri PUPR juga mengapresiasi 752 peserta yang telah mendaftar, 292 peserta yang kemudian memasukkan karya dimana 255 peserta diantaranya lolos evaluasi administrasi, dan juga kepada para peserta yang berhasil masuk kategori 30 (tiga puluh) karya unggulan, sebelum diseleksi dengan ketat pada babak akhir menjadi 5 (lima) karya terbaik.

Menurut Menteri Basuki, dengan banyaknya jumlah peserta yang berpartisipasi akan meningkatkan legitimasi hasil sayembara yang digali dari seluruh potensi kekayaan intelektual dan keragaman urban design di Indonesia.

Sebelumnya Kementerian PUPR melalui Tim Juri mengumumkan para pemenang sayembara gagasan desain Ibu Kota baru Negara.

Pemenang terbaik pertama diraih oleh gagasan desain Nagara Rimba Nusa, sedangkan pemenang terbaik kedua yakni desain The Infinite City.

Pemenang terbaik ketiga adalah desain Kota Seribu Galur, sementara pemenangan harapan satu dan dua masing-masing diraih oleh desain Zamrud Khatulistiwa serta Banua Nusantara. (aji)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *