in

Manfaat Vaksin MMR yang Wajib Diketahui

Manfaat pertama dari pemberian vaksin MMR yaitu untuk memberi perlindungan dari penyakit campak, gondong dan juga rubella.

BUSINESS TODAY – Vaksin MMR (measles, mumps, rubella) berguna untuk mencegah campak, gondong dan juga rubella. Vaksin ini tidak hanya diberikan kepada anak-anak saja tetapi juga orang dewasa. Hal ini dikarenakan fakta di lapangan menunjukkan penyakit campak, gondong dan rubella tidak hanya menyerang anak-anak. Ketiga penyakit tersebut juga bisa menyerang orang dewasa,

Potensi ketiga penyakit tersebut untuk menginfeksi orang dewasa sangat besar. Terlebih jika orang dewasa saat masih kecil belum pernah mendapatkan vaksin MMR ataupun vaksinasi lengkap. Maka dari itu, setiap orang dewasa yang belum vaksin MMR atau tidak yakin jika sudah mendapatkan vaksin lengkap saat masih kecil sebaiknya segera melakukan vaksin MMR. Lantas, apa saja manfaat dari vaksin MMR?

Perlu diketahui jika vaksin masuk ke dalam jenis obat sehingga dapat menimbulkan efek samping.

3 Manfaat Vaksin MMR yang Wajib Diketahui

1. Memberi Perlindungan dari Penyakit MMR

Manfaat pertama dari pemberian vaksin MMR yaitu untuk memberi perlindungan dari penyakit campak, gondong dan juga rubella. Pasca pemberian vaksin MMR maka secara otomatis tubuh Anda akan membentuk antibodi atau sistem imun yang siap untuk melawan virus measles, mumps dan rubella.

2. Memperkecil Risiko Terkena Penyakit MMR

Manfaat selanjutnya yaitu memperkecil risiko terkena penyakit MMR atau campak, gondong dan rubella. Alasannya karena sistem imun atau antibodi sudah terbentuk setelah diberikan suntikan vaksin. Hal ini berarti resiko untuk terserang ketiga penyakit tersebut menjadi lebih kecil dibandingkan dengan yang tidak melakukan vaksin MMR.

3. Membantu Meringankan Penyakit Campak, Gondong dan Rubella

Tubuh yang sudah mendapatkan suntikan vaksin MMR akan memiliki sistem imun yang lebih kuat. Namun, jika sistem imun atau antibodi tidak bekerja maksimal dalam melawan virus penyebab penyakit campak, gondong dan rubella maka virus yang menyerang tidak akan terdampak serius atau sakit parah. Hal ini dikarenakan sebagian besar virus sudah dilawan terlebih dahulu oleh sistem imun yang dibentuk untuk melawan virus penyebab penyakit tersebut.

Cara Pemberian Vaksin MMR pada Orang Dewasa

Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), menyatakan orang dewasa berusia 18 tahun harus menerima dua dosis imunisasi campak sekaligus kapan saja jika tidak pernah mendapatkan vaksin ini sebelumnya. Orang dewasa hanya diwajibkan untuk melakukan vaksinasi MMR susulan hanya satu dosis saja. Namun ada syaratnya yaitu jika bisa membuktikan bahwa telah mendapatkan vaksin ataupun sudah pernah terkena penyakit campak, gondong dan rubella sebelumnya.

Bagi siapa saja yang berusia 12 bulan atau lebih yang sudah menerima vaksin MMR setidaknya satu dosis, dianggap masih berpeluang besar terkena penyakit gondong. Maka dari itu, harus memperoleh satu lagi vaksin gondong secepatnya.

Efek Samping Vaksin MMR

Perlu diketahui jika vaksin masuk ke dalam jenis obat sehingga dapat menimbulkan efek samping. Seperti halnya vaksin MMR yang memberikan efek samping. Namun, efek samping vaksin MMR pada umumnya ringan dan akan hilang dengan sendirinya. Inilah beberapa efek samping yang ditimbulkan:

  • Nyeri di bagian yang disuntik
  • Kemerahan di area suntikan
  • Demam ringan

Kalau efek samping tersebut terjadi, biasanya dimulai dalam waktu dua minggu setelah pemberian vaksin MMR. Setelah dua minggu kemungkinan untuk merasakan efek samping akan menurun. Efek samping lain yang mungkin saja muncul, seperti:

  • Ruam seluruh tubuh
  • Kejang
  • Trombosit rendah yang bersifat sementara
  • Kerusakan otak
  • Tuli

Perlu diketahui jika kelima efek samping tersebut hanya terjadi 1 dari 1 juta pemberian vaksin MMR. Kemungkinan untuk menyebabkan cedera serius sangat kecil. Nah, itulah 3 manfaat vaksin MMR yang wajib diketahui. Bagi Anda yang tinggal di Makassar dan ingin melakukan vaksin MMR tetapi tidak tahu tempatnya. Tak perlu khawatir, langsung saja buka aplikasi Halodoc. Aplikasi ini akan membantu Anda menemukan list tempat vaksin Makassar beserta informasi lainnya secara lengkap.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *