in

Kuartal I Tahun 2020 Lampung Ekspor 265,77 Ton Ampas Kulit Nanas

Adanya peningkatan sertifikasi ekspor pada produk samping nanas berupa ampas kulit nanas. (Foto : pixabay)

Businesstoday.id, Jakarta – Lampung keren. Pada kuartal I tahun 2020, sebanyak 265,77 ton ampas kulit nanas dari Lampung menembus pasar ekspor dengan 12 kali pengiriman. Itu peningkatan luar biasa. Lihatlah. Pada 2018, sertifikat ekspor ampas kulit nanas asal daerah ini hanya tercatat 15,59 ton. Jumlahnya meningkat 3 kali lipat menjadi 503,33 ton pada 2019. Lampung keren ya.

Dalam siaran pers yang dikutip Sabtu (1/4/2020), Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) Kementerian Pertanian, Ali Jamil bergembira atas prestasi sektor pertanian daerah tersebut. “Alhamdulillah di tengah kelesuan akibat virus corona (Covid-19) saat ini, komoditas pertanian asal Lampung tetap melaju di pasar ekspor.”

Ali Jamil patut ikut berbangga. Pihaknya mencatat, adanya peningkatan sertifikasi ekspor pada produk samping nanas berupa ampas kulit nanas sampai pada kuartal I tahun 2020 itu. Ia menginformasikan, Jepang merupakan negara terbanyak yang mengimpor ampas kulit nanas dari Lampung. Komoditas tersebut biasa digunakan sebagai campuran bahan pakan ternak.

Tetapi, jangan salah. Selain ampas kulit nanas, produk kopi dan palm kernel asal Lampung juga termasuk komoditas yang tetap melaju ekspor di tengah pandemi virus asal Wuhan, Hubei, China tersebut.

Kepala Karantina Pertanian Lampung, Jumadh menyebutkan, sebanyak 16 negara terus memasok kopi khas asal wilayahnya. Di antaranya, Amerika Serikat, Jerman, Algeria, Georgia, dan Kanada. “Terhitung 112,9 ton biji kopi dipastikan sehat, aman dan sesuai persyaratan di pasar global. Untuk palm kernel, 44,6 ribu ton masih dikirimkan ke pasar Selandia Baru saja. (emi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *