in

KSOP Pangkalbalam Siagakan Lima Kapal Antisipasi Lonjakan Penumpang

Kepala KSOP Pangkalbalam, Izuar.

Businesstoday.id, Pangkalpinang – Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan Pangkalbalam, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiagakan lima kapal, guna mengantisipasi lonjakan calon penumpang selama arus mudik Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriyah di daerah itu.

“Kita sudah menyiapkan empat kapal jenis ro-ro dan satu kapal cepat untuk melayani calon penumpang kapal,” kata Kepala KSOP Pangkalbalam Izuar di Pangkalpinang, Rabu (8/5/2019).

Ia mengatakan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang arus mudik tahun ini, KSOP juga telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terkait pengoperasian kapal cadangan jika terjadi penumpukan penumpang kapal di pelabuhan.

“Hasil rapat koordinasi dengan instansi terkait, pemerintah telah mempersiapkan belasan kapal cadangan yaitu KRI, Navigasi dan KLP untuk mengangkut calon penumpang selama arus mudik Lebaran tahun ini,” katanya.

Menurut dia, rute lima kapal angkutan yang disiagakan tersebut yaitu empat kapal jenis roro melayani Pelabuhan Pangkalbalam, Bangka – Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Sementara satu kapal cepat melayani penumpang tujuan Pelabuhan Pangkalbalam, Bangka – Pelabuhan Tanjung Pandan, Belitung.

“Kita berharap armada yang disiagakan ini cukup untuk melayani calon penumpang yang diperkirakan akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan,” ujarnya.

Ia memperkirakan arus mudik tahun ini di Pelabuhan Pangkalbalam akan mengalami peningkatan 60 persen dibandingkan tahun sebelumnya, mengingat harga tiket angkutan udara yang telah mengalami kenaikan cukup tinggi.

“Saat ini calon penumpang kapal di pelabuhan sudah mulai mengalami peningkatan dan ini salah satu imbas dari harga tiket pesawat yang tinggi,” katanya. (apr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *