in

Kementerian PUPR Lanjutkan Penataan Dusun Gerupuk, Dukung Mandalika

PUPR akan melanjutkan penataan Dusun Gerupuk, Lombok Tengah, NTB dalam rangka mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Mandalika.

Businesstoday.id, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melanjutkan penataan Dusun Gerupuk, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam rangka mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Mandalika.

“Pada tahun 2019 ini kami sudah punya perencanaan lanjutan penataan kawasan di Dusun Gerupuk,” ujar Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Danis H Sumadilaga dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin (20/5/2019).

Pihaknya akan melakukan penataan kawasan berupa pembangunan gerbang, arena skateboard, bangunan nelayan, arena olahraga dan amphitheater (ruang terbuka) Dusun Gerupuk.

“Selain itu pada 2019 juga akan dilakukan penataan daerah kampung nelayan. Anggaran yang dibutuhkan totalnya diperkirakan sekitar Rp200 miliar,” katanya.

Danis berharap kawasan ini juga bisa menjadi pendukung yang satu kesatuan dengan kawasan Mandalika secara keseluruhan.

Kementerian PUPR pada 2018 juga telah memberikan dukungan bagi pengembangan KSPN Mandalika lewat penataan kawasan wisata di Desa Kuta dan sebagian di Dusun Gerupuk, Desa Selong, Lombok Tengah.

Pekerjaan di kedua desa tersebut dilakukan secara bertahap yakni sejak 22 Mei 2017 hingga 13 Oktober 2018 dengan anggaran total Rp43,5 miliar.

Penataan di Desa Kuta yang dilakukan Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya di antaranya membangun landmark Desa Kuta dengan desain patung peselancar, akses 6 ruas jalan lingkungan, pedestrian, Ruang Terbuka Publik (RTP), dan saluran drainase yang juga dibenahi. Selain di Desa Kuta, Kementerian PUPR pada tahun 2018 juga telah memperbaiki jalan lingkungan di Dusun Gerupuk, Desa Sengkol yang juga memiliki pantai indah. (aji)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *