in

Kementerian ESDM Buka Lelang Enam Blok Migas

Salah Satu Aktivitas di Sumur Parang-1 Yang Dioprasikan Pertamina Hulu Energi (PHE) Nunukan Company.

Businesstoday.id, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membuka penawaran lelang reguler wilayah kerja (WK) minyak dan gas bumi (Migas) tahap II 2018.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, (14/8/2018) mengatakan lelang WK migas itu meliputi tiga blok eksplorasi dan tiga blok produksi.

“WK eksplorasi yang dilelang yaitu Banyumas, Andika Bumi Kita, dan South East Mahakam. Sedangkan tiga wilayah kerja produksi yang dilelang adalah Makassar Strait, South Jambi, dan Selat Panjang,” katanya.

Djoko menjelaskan ketiga WK eksplorasi merupakan WK yang sudah dilelang pada tahap pertama.

Meskipun banyak peminatnya, menurut dia, tetapi tiga WK eksplorasi tersebut akhirnya kembali dilelang karena badan usaha yang mengikuti lelang membutuhkan waktu yang lebih panjang untuk melakukan evaluasi dokumen lelang.

“Untuk lelang reguler, waktu untuk mempelajari lapangannya cukup singkat, sehingga kami lelang ulang dengan harapan badan usaha bisa mempelajari lebih dalam setelah mengambil bid dokumen,” katanya.

Untuk lelang WK produksi, Djoko menjelaskan Blok Makassar Strait, yang termasuk bagian proyek Indonesia Deepwater Development (IDD), dinilai kurang ekonomis bagi kontraktor eksisting, sehingga tidak diperpanjang. Selain itu, Pertamina juga tidak tertarik untuk mengambil alih WK tersebut.

Sedangkan untuk Blok South Jambi, Djoko menuturkan sebelumnya Petrochina yang memenangkan WK tersebut, tetapi karena beberapa alasan, akhirnya Petrochina mundur dari pengelolaan WK itu.

Untuk WK Selat Panjang, lanjut Djoko, adalah blok yang tengah berproduksi, namun pemilik WK tersebut diputuskan oleh pengadilan dalam kondisi pailit.

“Blok itu harus diterminasi, dan saat ini sedang dalam proses penandatanganan terminasinya. Pada 14 Agustus ini sudah bisa di-download dari aplikasi online untuk peserta lelang yang akan mengikuti lelang,” jelasnya. (lik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *