in

Kemenperin Targetkan 45 IKM Bermitra dengan Industri Besar

Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Gati Wibawaningsih.

Businesstoday.id, Jakarta – Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Gati Wibawaningsih menargetkan 45 IKM akan bermitra dengan industri besar pada 2019.

“Saya maunya ke depan IKM yang bekerja sama dengan industri besar naik tiga kali lipat, saat ini ada 15, jadi setidaknya ke depan ada 45 IKM,” kata Gati usai menghadiri acara temu bisnis IKM Komponen Otomotif dengan Tier APM dan Industri Besar di Jakarta, Selasa (27/11/2018)

Dalam acara temu bisnis itu, Gati menyebutkan ada 15 IKM yang siap mengadakan kemitraan dengan tiga industri besar.

“Nota kesepahaman) sudah siap ada 15 IKM dengan tiga industri besar. Potensi (kemitraan) besar,” sebut Gati.

Dalam kesempatan itu, Gati menjelaskan Kemenperin berupaya meningkatkan kerja sama antara industri besar dan IKM di Indonesia.

Namun, menurut Gati, membangun kemitraan membutuhkan waktu relatif lama, sekitar satu hingga dua tahun.

“Kerja sama itu tidak seminggu selesai, pendampingan (untuk membangun kemitraan) prosesnya tahunan,” jelas Gati.

Dalam acara temu bisnis “Link and Match” IKM Komponen Otomotif dengan Tier APM dan Industri Besar di Kementerian Perindustrian Jakarta, Selasa, Kemenperin memfasilitasi perjanjian kemitraan tiga perusahaan besar dengan IKM asal Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Penandatanganan perjanjian kemitraan tersebut merupakan tindak lanjut dari temu bisnis yang diadakan Kemenperin pada Januari dan Desember 2017.

Perusahaan yang menandatangani perjanjian kemitraan itu, antara lain PT Dharma Polimetal dengan tiga IKM, PT Sadiyah Cahaya Logam, PT Karya Manunggal Manufaktur, PT Prima Karya; PT Mada Wikri Tunggal dengan tiga IKM, yaitu PT Gaya Teknik Logam, PT Prima Karya.

PT Manunggal Manufaktur; PT United Tractor Pandu Engineering (PATRIA) juga ikut meneken kontrak kemitraan dengan IKM PT Mitra Karya Tegal. (gtm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *