in

Kemenperin Gelar Kompetisi Inovasi “Making Indonesia 4.0”

Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih.

Businesstoday.id, Jakarta – Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) meluncurkan program kompetisi “Making Indonesia 4.0 Startup”, yang merupakan ajang adu inovasi teknologi bagi para IKM startup (perusahaan rintisan) di bidang teknologi.

“Making Indonesia 4.0 Startup” merupakan kompetisi bagi startup dengan inovasi di bidang revolusi industi ke-4, untuk menindaklanjuti inisiatif “Making Indonesia 4.0” yang diluncurkan pada 4 April 2018,” kata Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih di Jakarta, Kamis (6/9/2018).

Program tersebut bertujuan membangun ekosistem inovasi industri 4.0 di Indonesia, menumbuhkan startup di bidang teknologi inovasi industri 4.0, serta menjembatani kebutuhan industri dengan karya inovasi anak bangsa.

Selain itu, mendapatkan masukan terkait kebutuhan pembinaan startup Kementerian Perindustrian di bidang teknologi inovasi industri 4.0 ke depan.

Rangkaian program “Making Indonesia 4.0 Startup” ini terdiri dari publikasi dan registrasi yang dilakukan pada 28 Agustus – 20 November 2018, dilanjutkan workshop Cloud Computing yang dilaksanakan selama 2 hari, yaitu tanggal 6-7 September 2018 dengan 100 orang peserta.

Selain itu, kompetisi bagi IKM (startup) dengan inovasi teknologi di bidang Internet of Things, robotic, printer 3D, big data analysis, cloud computing, artificial intelligence/machine learning, wearable Augmented / Virtual Reality, dan automation.

Nantinya, 15 startup terbaik akan mengikuti workshop pada 3-4 Desember 2018, dan Festival Startup 4.0 yang akan dilaksanakan pada 5-7 Desember 2018 di Gedung Kementerian Perindustrian.

Sederet acara digelar pada acara tersebut, di antaranya pameran, penjurian kompetisi, temu bisnis, serta awarding. Sebanyak 5 startup terbaik hasil penjurian akan mendapatkan hadiah masing-masing sebesar 50 juta rupiah.

“Mulai hari ini hingga esok akan dilaksanakan Workshop Cloud Computing berkolaborasi dengan PT Amazon Web Services Indonesia, dengan peserta sebanyak 100,” ungkap Gati.

Dengan adanya program Making Indonesia 4.0 Startup ini, Gati berharap Indonesia semakin siap menghadapi era revolusi industri ke-4 ini dengan munculnya startup yang mampu memberikan layanan teknologi dibidang tersebut kepada industri khususnya dan masyarakat pada umumnya. (spg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *