in

Kemenpar Jaring Pasar Eropa Utara Melalui Matka Nordic Travel Fair 2019

Pariwisata siap menjariang pasar wisata dari negara-negera di kawasan Eropa utara melalui pameran pariwisata Matka Nordic Travel Fair 2019 .

Businesstoday.id, Ha Long – Kementerian Pariwisata siap menjariang pasar wisata dari negara-negera di kawasan Eropa utara melalui pameran pariwisata Matka Nordic Travel Fair 2019 yang digelar 17 – 20 Januari 2019 di Messukeskus, Expo and Convention Center, Helsinki, Finlandia.

“Keikutertaan Indonesia dalam Matka Nordic Travel Fair kali ini masih dalam upaya mendukung pencapaian target wisatawan mancanegara (wisman) sebesar 20 juta kunjungan, ” kata Agustini Rahayu, Asdep Pengembangan Pemasaran II Regional IV (Eropa) Kementerian Pariwisata melalui keterangan tertulis yang diterima di Ha Long Vietnam, Jumat (18/1/2019).

Pada Matka Nordic Travel Fair 2018 diikuti oleh 68.505 pengunjung dan 914 peserta dari 84 negara. Terhitung sejak tahun 2009, Indonesia telah berpartisipasi sebanyak 11 kali dalam pameran terbesar di Eropa Utara tersebut.

Pasar Nordik dinilai cukup menjanjikan karena memiliki pangsa sebesar 25,17 persen(191.258) dari total target pasar Eropa lainnya (760.000) pada tahun 2018. Selain dari sisi volume, wisman Nordik juga memiliki nilai pembelanja besar, berpenghasilan besar, dan memiliki kemampuan untuk berlibur ke luar negeri lebih dari sekali.

Dia menambahkan, waktu liburan wisatawan Nordik itu panjang dan sekali berkunjung ke Indonesia mengeluarkan dana sekitar 1.464 dolar AS karena didukung dengan kebijakan beberapa negara Nordik yang memberikan cuti tahunan yang panjang kepada warganegaranya.

“Saat ini, negara Asia Tenggara outbound favorit Eropa Utara adalah Thailand. Indonesia perlu eksis juga sebagai negara yang menonjol di natural wonders, cultural wonders dan sensory wonders,” katanya.

Kemenpar akan menampilkan Indonesia sebagai negara kepulauan beriklim tropis yang menawarkan destinasi alam, budaya, serta keramahtamahan masyarakat Indonesia kepada wisman Nordik.

Kemenpar juga berupaya memberikan unique experience pada panca indra wisman Eropa Utara, melalui sajian kopi khas Nusantara dipadu dengan rempah Indonesia padahospitality corner, lantunan dawai Sasando asal NTT

Dalam ajang kali ini Kemenpar bersinergi dengan KBRI Helsinki, Pemda Provinsi DI. Yogyakarta, Pemda Provinsi Kalimantan Selatan, dan melibatkan delapan industri pariwisata. (sub)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *