in

Kemenkop-UKM Gandeng BUMN Pangan Perluas Program Warung Tetangga

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, Victoria Simangkalit. (Foto: Instagram @kemenkopukm)

Businesstoday.id, Jakarta – Kementerian Koperasi dan UKM menggandeng BUMN yang banyak menangani soal pangan untuk memperluas jangkauan Program Warung Tetangga.

Dua BUMN yang digandeng di antaranya PT Berdikari (Persero) dan PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics yang sebelumnya telah menyatakan siap mendistribusikan penjualan telur sebanyak 5.040 kilogram untuk memenuhi dan mendukung program Warung Tetangga dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Victoria Simangkalit dalam keterangannya, Jumat (29/5/2020) menyatakan menyambut baik BUMN yang terlibat dalam program yang mendukung keberlangsungan usaha para pelaku koperasi dan UMKM di masa pandemi COVID-19.

“Kerja sama dengan BUMN ini rencananya akan berlanjut, dimana Berdikari dan BGR akan kembali memesan dan mendistribusikan bahan pangan untuk Program Warung Tetangga,” kata Victoria.

Direktur operasional PT Berdikari (Persero), Muhammad Hasyim sebelumnya juga menjelaskan bahwa program ini merupakan bagian dari partisipasi Berdikari sebagai bagian dari BUMN klaster pangan dalam menjaga ketersediaan bahan pangan khususnya sumber makanan dan protein hewani serta dalam rangka menjaga stabilitas harga telur di level peternak.

“Hal ini kami harapkan juga dapat membantu peternak dalam proses distribusi produknya. Selain itu penyerapan telur ini merupakan bentuk dukungan Berdikari pada program Kemenkop guna membangkitkan UKM melalui program warung tetangga,” kata Muhammad Hasyim.

Kerja sama pada tahap awal ditandai dengan penyerahan komoditas telur dari Berdikari ke gudang konsinyasi BGR Logistics yang berada di BGR Logistics Divre DKI Jakarta.

Untuk melaksanakan kerja sama ini, tahap pertama Berdikari langsung melakukan penyerapan telur dari peternak melalui koperasi Putra di Blitar sebanyak 5.040 kg dengan harga 16.500/kg. (ukm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *