in

KAI Siap Layani Angkutan Natal dan Tahun Baru

PT Kereta Api Indonesia memastikan kesiapan layanan transportasi kereta api pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2018/2019.

Businesstoday.id, Semarang – PT Kereta Api Indonesia memastikan kesiapan layanan transportasi kereta api pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2018/2019.

“Alhamdulillah, dari Jakarta hingga Semarang persiapan bagus sekali,” kata Direktur Operasi PT KAI Slamet Suseno, di sela inspeksi di Stasiun Tawang, Semarang, Rabu (12/12/2018).

Turut serta pada inspeksi jalur lintas utara itu, jajaran Komisaris PT KAI, yakni Riza Primadi, Freddy Haris, Cris Kuntadi dengan menggunakan kereta inspeksi.

Dari jajaran direksi, tampak pula Direktur Prasarana PT KAI M Nurul Fadhila, Direktur Sarana Azahari, serta Direktur Keselamatan dan Keamanan Apriyono W Chresnanto.

Slamet mengatakan titik-titik rawan yang ada di lintas tersebut sudah diantisipasi, seperti titik rawan rob dan banjir di lintas Ronggowarsito-Alastua Semarang.

“Kalau di (daerah operasi, red.) Semarang ini ada enam titik yang rawan. Seperti di Ronggowarsito-Alastuo yang sering terjadi rob. Namun, sudah diantisipasi,” katanya.

Sarana Alat Material untuk Siaga (AMUS) sudah disiapkan untuk mengantisipasinya sebagai strategi manajemen risiko, lanjut dia, sehingga perjalanan tetap lancar.

“Dari AMUS ini, di antaranya berupa penyiapan alat pemelihara rel, batu balas, bantalan rel, pasir, karung, alat penambat rel, dan sebagainya. Termasuk personel 24 jam,” katanya.

Sementara itu, Komisaris PT KAI Freddy Haris mengatakan persiapan dari jajaran KAI untuk menyambut masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2018/2019 sudah berjalan baik.

“Semua sudah dipersiapkan dengan baik. Ya, kami harapkan hujannya tidak terlalu lebat karena 20 Desember nanti bulan purnama. Kemungkinan bisa rob,” katanya.

Kepala PT KAI Daerah Operasi IV Semarang Yosita menambahkan sebanyak 173 personel keamanan disiagakan untuk memberikan rasa aman terhadap pengguna jasa KA.

“Ada 99 personel polisi khusus KA (polsuska), 70 personel TNI dan Polri, dan empat personel K-9 (anjing pelacak). Mereka disiagakan, baik di KA maupun stasiun,” katanya. (zuh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *