in

KAI Purwokerto Siap Berikan Layanan Terbaik saat Angkutan Lebaran 2019

Pelayanan kepada penumpang harus ditingkatkan dari waktu ke waktu sehingga layanan pada masa Angkutan Lebaran 2019.

Businesstoday.id, Purwokerto – Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto, Jawa Tengah, siap memberikan layanan terbaik kepadai penumpang khususnya pada masa Angkutan Lebaran 2019, kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Supriyanto.

“Sesuai dengan komitmen kami, pelayanan kepada penumpang harus ditingkatkan dari waktu ke waktu sehingga layanan pada masa Angkutan Lebaran 2019 harus lebih baik dari Angkutan Lebaran 2018. Apalagi pada masa angkutan lebaran dapat dipastikan terjadi lonjakan penumpang dan jumlah kereta api yang dioperasikan pun bertambah,” katanya di Purwokerto, Kamis (9/5/2019).

Terkait dengan hal itu, dia mengatakan PT KAI Daop 5 Purwokerto telah melakukan persiapan serta perawatan terhadap sarana yang ada, yakni lokomotif dan kereta (gerbong penumpang, red.), baik untuk perjalanan KA reguler maupun KA tambahan lebaran.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga telah melakukan perawatan terhadap prasarana perkeretaapian seperti jalur rel, struktur jalan rel, dan sistem persinyalan.

“Perawatan terhadap sarana dan prasarana perkeretaapian tersebut dilakukan untuk memastikan semuanya dalam kondisi prima dan siap digunakan secara optimal pada masa Angkutan Lebaran 2019 yang dimulai pada 26 Mei hingga 16 Juni,” katanya.

Supriyanto mengatakan bahwa pihaknya juga telah memetakan daerah-daerah rawan di sepanjang jalur KA termasuk menempatkan petugas maupun alat dan material untuk siaga (AMUS) beserta personel “flying gank” (reaksi cepat, red.) di 20 lokasi sehingga dapat segera dimobilisasi jika terjadi situasi darurat.

Bahkan, kata dia, pihaknya juga mengoptimalkan serta menambah petugas pemeriksa jalan, penjaga perlintasan rawan, dan pengawasan daerah rawan guna memantau kondisi setiap saat.

Sementara itu untuk masalah keamanan selama masa Angkutan Lebaran 2019, lanjut dia, pihaknya melibatkan personel TNI dan Polri di samping memaksimalkan personel pengamanan internal yang terdiri atas Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) dan sekurity.

“KAI tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan perjalanan KA beserta penumpang dan barang yang diangkutnya. Oleh karena itu, kami mengimbau penumpang tidak membawa barang yang berlebihan termasuk tidak memakai perhiasan yang berlebihan agar terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan,” katanya. (sum)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *