in

Kadin Apresiasi Pelatihan Pengurus Koperasi

Ketua KADIN Sultra, La Mandi.

Businesstoday.id Kendari – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Sulawesi Tenggara mengapresiasi program pelatihan bagi pengurus koperasi dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk mewujudkan pengelolaan yang profesional.

Ketua Kadin Sultra La Mandi di Kendari, Minggu (25/11/2018), mengatakan sumber daya manusia pengelola koperasi perlu mendapat perhatian karena sukses atau tidak misi pembangunan ekonomi rakyat melalui koperasi ikut ditentukan kapasitas pengurus.

“Koperasi dapat ambil bagian di berbagai sektor bisnis bukan hanya simpan pinjam dan menjual sembilan bahan pokok. Koperasi dapat ekspansi usaha sebagai developer tetapi sumber daya manusia harus ditingkatkan, antara lain, melalui pelatihan manajemen,” kata La Mandi.

Persepsi pembentukan koperasi hanya untuk mengejar kucuran dana bantuan modal dari pemerintah harus dijawab dengan kinerja yang baik para pengelola kperasi.

“Ada koperasi dibentuk hanya untuk mengejar bantuan modal usaha. Tudingan ini bukan fitnah karena memang ada koperasi yang demikian,” ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sultra Heri Alamsyah mengakui 4.000 lembaga koperasi hanya sebagian kecil yang menjalankan manajemen dengan baik, sehingga pemerintah pusat melalui Kementrian Koperasi memprogramkan pelatihan pengelola koperasi di Sultra sebanyak lima angkatan.

“Pelatihan peningkatan kapasitas pengelola koperasi penting. Sebagian besar manajemen koperasi tidak berjalan baik bukan karena kesengajaan tetapi sumber daya manusia yang masih terbatas,” kata Heri.

Ada pun materi pelatihan meliputi manajemen, penyusuan program usaha, target usaha, sasaran usaha, pelaporan keuangan dan rapat anggota tahunan (RAT) khusus lembaga koperasi. (sar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *