in

Jumlah Penumpang Arus Balik Lebaran di Stasiun Jember Masih Tinggi

Jumlah penumpang arus balik Lebaran 2019 di Stasiun Jember, Kabupaten Jember, Jawa timur masih tinggi.

Businesstoday.id, Jember – Jumlah penumpang arus balik Lebaran 2019 di Stasiun Jember, Kabupaten Jember, Jawa timur masih tinggi hingga Selasa (11/6/2019).

“Tidak hanya Stasiun Jember, hampir semua stasiun di sepanjang Pasuruan hingga Banyuwangi masih dipadati penumpang arus balik Lebaran,” kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 9 Luqman Arif di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Menurut dia jumlah penumpang yang naik dan turun di sejumlah stasiun wilayah Daop 9 cukup tinggi, meskipun libur Lebaran untuk pegawai dan karyawan sudah selesai.

“Jumlah penumpang yang naik di seluruh stasiun wilayah Daop 9 pada 11 Juni 2019 tercatat sebanyak 8.090 orang,” katanya.

Sedangkan jumlah penumpang yang turun di stasiun wilayah Daop 9 pada hari yang sama yakni sebanyak 7.892 orang.

Luqman mengatakan jumlah penumpang selama arus balik Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah lebih banyak dibandingkan arus mudik Lebaran di sepanjang wilayah kerja yang meliputi stasiun Pasuruan hingga Banyuwangi.

“Berdasarkan data, jumlah penumpang yang menggunakan jasa angkutan kereta api di wilayah Daop 9 sejak ‘H+1’ Lebaran selama arus balik rata-rata 10.000 orang per hari, sedangkan saat arus mudik sekitar 6.000 hingga 7.000 per hari,” katanya.

Ia menjelaskan tiket kereta api ekonomi di wilayah Daop 9 juga sudah terjual habis hingga Senin (17/6), sedangkan tiket kereta komersial baik bisnis maupun eksekutif juga terjual hingga 90 persen dan diprediksi akan habis menjelang masa keberangkatan.

“Masih tingginya volume penumpang selama sepekan ini karena bertepatan dengan habisnya masa liburan sekolah, sehingga okupansi penumpang di seluruh kereta ekonomi sudah penuh,” katanya.

Delapan KA yang beroperasi di wilayah Daop 9 Jember yakni KA Mutiara Timur siang dengan rute Banyuwangi-Surabaya, KA Mutiara Timur malam dengan rute Banyuwangi-Surabaya, KA Sri tanjung rute Banyuwangi-Lempuyangan, KA Probowangi rute Banyuwangi-Surabaya, dan KA Tawang alun rute Banyuwangi-Malang.

Selanjutnya KA Logawa rute Jember-Purwokerto, KA Ranggajati rute Jember-Cirebon, dan KA Wijayakusuma rute Banyuwangi-Cilacap, sedangkan untuk KA lokal tercatat ada empat kali perjalanan yakni KA lokal Pandan wangi rute Jember-Banyuwangi PP. (zum)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *