in

Jasa Raharja Siaga 24 Jam Jelang Natal

Kepala PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Provinsi Kepulauan Babel, Agus Doto Pitono.

Businesstoday.id, Pangkalpinang – PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar siaga 24 jam untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat korban kecelakaan di darat, laut dan udara menjelang dan setelah Natal dan Tahun Baru 2018.

“Kita siap memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya,” kata Kepala Cabang PT Jasa Raharja (Persero) Provinsi Kepulauan Babel Agus Doto Pitono di Pangkalpinang, Selasa (18/12/2018).

Ia mengatakan menjelang Natal dan Tahun Baru ini, PT Jasa Raharja Cabang Provinsi Kepulauan Babel tidak secara khusus membangun posko di terminal, pelabuhan dan bandara, tetapi menyiagakan petugas selama 24 jam untuk melayani masyarakat.

“Kita bersiaga dan berkoordinasi dengan mitra kerja kepolisian, Samsat, rumah sakit dan lainnya untuk memberikan layanan serta santunan kepada korban kecelakaan baik di darat, laut dan udara,” ujarnya.

Menurut dia siaga 24 jam ini sebagai bentuk kesiapsiagaan Jasa Raharja dalam mengoptimalkan pelayanan dan penyaluran santunan kepada korban kecelakaan menjelang Natal dan Tahun Baru ini.

Jasa Raharja merupakan badan usaha milik negara yang dipercayakan pemerintah untuk memberikan santunan kepada korban kecelakaan lalu lintas jalan dan kecelakaan penumpang angkutan umum di darat, sungai, danau, laut dan udara.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 15/PMK.010/2017 tentang Besar Santunan dan Iuran Wajib Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang Alat Angkutan Penumpang Umum di Darat, Sungai/Danau, Feri/Penyeberangan, Laut, dan Udara. Terhitung sejak 1 Juni 2017 besaran santunan korban kecelakaan meninggal dunia dari Rp25 juta menjadi Rp 50 juta.

Sementara itu, santunan bagi korban cacat masih tetap, sesuai dengan persentase tertentu dari santunan korban meninggal dunia yang telah dinaikkan menjadi Rp50 juta. Penggantian biaya perawatan dan pengobatan meningkat dari Rp10 juta menjadi Rp 20 juta, penggantian biaya penguburan meningkat dari Rp2 juta menjadi Rp4 juta. Selain itu, terdapat manfaat baru yang diberikan kepada korban kecelakaan berupa penggantian biaya pertolongan pertama paling besar Rp1 juta dan pergantian biaya untuk membawa korban ke fasilitas kesehatan sebesar Rp 500 ribu.

“Kami mengimbau masyarakat untuk mentaati peraturan lalu lintas, waspada, hati-hati dan selalu berdoa sebelum melakukan perjalanan agar terhindar dari kecelakaan merayakan Natal dan tahun baru,” katanya. (apr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *