in

IPC Tunjuk PT IPC TPK untuk Kelola Terminal 2 dan Terminal 3 Tanjung Priok

Pengelolaan dan operasional bongkar muat peti kemas pada Terminal 2 dan Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok akan dikelola oleh PT IPC Terminal Peti Kemas (IPC TPK).

Businesstoday.id, Jakarta – Sesuai dengan Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/ IPC terkait penataan bisnis anak-anak perusahaannya, makan terhitung mulai hari ini Minggu (15/7/2018) pengelolaan dan operasional bongkar muat peti kemas pada Terminal 2 dan Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok akan dikelola oleh PT IPC Terminal Peti Kemas (IPC TPK) yang merupakan anak perusahaan IPC yang didirikan untuk mengelola terminal peti kemas.

Untuk selanjutnya, memasuki Semeste II , Manajemen juga telah menetapkan adanya perubahan bisnis model IPC yang baru dimana setiap anak perusahaan akan fokus kepada bisnisnya masing-masing guna memaksimalkan fungsi dan perannya, seluruh Terminal Petikemas di cabang-cabang pelabuhan yang telah mencapai volume tertentu akan dikelola oleh PT IPC TPK,sedangkan seluruh Terminal Non Petikemas di cabang-cabang pelabuhan yang juga telah mencapai volume tertentu, pengeloaannya akan dilaksanakan oleh PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP).Sementara terminal kendaraan termasuk roro, pengelolaannya akan dilakukan oleh PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT) TBK, Bisnis model ini dimaksudkan untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi dan standarisasi pengelolaan, sehingga kinerja pelayanan IPC secara korporasi akan lebih meningkat.

“Penataan ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen, agar masing-masing entitas di lingkungan IPC bisa lebih fokus dalam menjalankan core business (bisnis jati) masing-masing perusahan,” kata Direktur Utama IPC, Elvyn G.Masassya, di Jakarta, Jumat (13/7/2018).

Menurut Elvyn, Volume bisnis dan operasional di Pelabuhan Tanjung Priok terus meningkat dari tahun ke tahun. Untuk itu perlu dilakukan penyesuaian dan penataan operasional, agar kualitas pelayanan kepada konsumen semakin baik.

Selama ini, bongkar muat di Terminal 2 dan Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok dikelola oleh PT PTP. Terminal 3 fokus melayani bongkar muat peti kemas internasional, dan Terminal 2 khusus melayani bongkar domestik. Per tanggal 2018, pengelolaannya berpindah tangan ke PT IPC TPK, yang memang fokus menangani bongkar muat peti kemas.

Atas adanya perubahan Pengelolaan di Terminal 2 dan 3 ini. PT PTP telah Mengedarkan Surat Pemberitahuan kepada para Pengguna jasa melaluli surat edaran pada tanggal 13 Juli 2018

“Penataan ini juga merupakan tuntunan san kebutuhan internal, mengingat saat ini IPC akan masuk ke tahap Sustainable Superior Performance menuju pelanuhan kelas dunia yang unggul dalam oprasional dan pelayanan pada 2020,” jelas Elvyn. (bud)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *