in

IPC Terapkan Enam Fitur Digital untuk Tingkatkan Pelayanan kepada Pelanggan

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC terus memperbarui strategi dan meningkatkan sistem pengelolaan interaksi pelanggan, guna meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Selasa (31/7/2018).

Businesstoday.id, Jakarta – PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC terus memperbarui strategi dan meningkatkan sistem pengelolaan interaksi pelanggan, guna meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Selasa (31/7/2018), IPC mengaktivasi enam fitur aplikasi digital Customer Relationship Management (CRM) di seluruh Kantor Cabang dan dua Anak Perusahaan IPC (PT Pelabuhan Tanjung Priok dan PT IPC Terminal Peti Kemas).

“Hari ini keenam fitur aplikasi Digital CRM yang merupakan bagian dari strategi dan proses pengelolaan interaksi dengan pelanggan ini diaktivasi (go live). Keenam fitur tersebut yaitu Master Customer Data; Costumer Profiling; Customer Service; Customer Visit Management; Customer Survey; dan Sales,” kata Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha IPC, Saptono R. Irianto, di Jakarta.

Saptono menjelaskan, sistem pengelolaan interaksi pelanggan IPC terus ditingkatkan demi memenuhi harapan pelanggan.

IPC memiliki nilai Customer Centric yang harus dibuktikan secara nyata dalam peningkatan pengelolaan pelanggan di wilayah IPC.

“Pembaruan dan peningkatan CRM kini memasuki fase ketiga, dimana seluruh Kantor Cabang dan dua Anak Perusahaan IPC menerapkan keenam fitur aplikasi digital. Pada fase pertama dan kedua, keenam fitur aplikasi digital itu digunakan sebatas di Pelabuhan Tanjung Priok saja,” katanya.

Dengan adanya aplikasi digital ini, lanjut Saptono, pelanggan atau calon pelanggan punya akses khusus untuk menyampaikan pertanyaan, permintaan atau keluhan melalui email, yang akan direspon secara otomatis (auto reply). Sesuai standar ketentuan Service Level Agreement (SLA), saran atau keluhan tersebut kemudian akan direspon oleh IPC dalam waktu paling lambat satu jam.

“CRM memberikan manfaat besar bagi pelanggan. Salah satunya, IPC memiliki tools untuk memonitor dan menganalisis semua kebutuhan dan keinginan pelanggan. Dengan fitur customer service misalnya, manajemen bisa mendapatkan gambaran tentang interaksi pelangggan di semua cabang, serta memantau penyelesaian persoalannya secara real time,” jelas Saptono.

Penerapan CRM ini juga merupakan langkah nyata atas komitmen IPC yang terus meningkatkan kapabilitas sebagai Digital Port. (bvi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *