in

IPC Resmikan IPC Corporate University untuk Pengembangan SDM

IPC sebagai pengelola pelabuhan kelas dunia yang unggul dalam operasional dan pelayanan.

Businesstoday.id, Jakarta – PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC meresmikan IPC Corporate University (IPC CorpU) sebagai entitas pembelajaran untuk mengintegrasikan pengembangan sumber daya manusia dalam organisasi IPC. Keberadaan IPC CorpU di Divisi Pembelajaran, Direktorat Sumber Daya Manusia IPC, diharapkan akan menjawab kebutuhan organisasi ke depan, dalam rangka meningkatkan kinerja dan daya saing perusahaan serta eco-system bisnisnya.

Secara simbolis, peresmian IPC CorpU dilakukan oleh Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis, Kementerian BUMN, Hambra; Deputi Manajemen SDM Eksekutif BUMN, Imam Bustomi; dan disaksikan oleh Komisaris Utama IPC, Tumpak Panggabean serta seluruh Jajaran Direksi IPC, di Kampus IPC Corporate University, Bogor, Jawa Barat, Kamis (9/8/2018).

Dalam sambutannya, Direktur Utama IPC, Elvyn G Masassya mengatakan, untuk mewujudkan visi IPC sebagai pengelola pelabuhan kelas dunia yang unggul dalam operasional dan pelayanan, IPC harus memiliki sumber daya manusia unggul, yang akan menjawab tuntutan dan dinamika perubahan di bidang kerjanya masing-masing dengan kompetensi yang unggul pula.

“Sebaik apapun visi, misi, strategi dan program kerja yang dirancang, tidak akan berhasil jika SDM yang mengeksekusinya tidak memiliki kompetensi yang memadai. Oleh karena itu strategi pengelolaan dan pengembangan SDM harus sejalan dan mampu mengimbangi kebutuhan strategi bisnis perusahaan, terlebih dalam menghadapi era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity),” kata Elvyn.

Elvyn menegaskan, Direksi berkomitmen untuk berperan sebagai Dewan Pembelajaran (Learning Council), dengan memberikan arah kebijakan terkait fokus pembelajaran yang menjadi skala prioritas, serta mengesahkan program pembelajaran utama di masing-masing akademi.

Menurutnya, pekerjaan apapun yang dilakukan insan IPC selama bertahun-tahun pasti menghasilkan pengetahuan know-what, know-how, dan know-why. Namun seringkali pengetahuan tersebut tidak terkelola dan terdokumentasikan dengan baik. Karena itu, Elvyn berharap IPC CorpU dapat mempertahankan pengetahuan tersebut melalui penerapan knowledge management.

“IPC CorpU juga diharapkan dapat menumbuhkan budaya belajar bagi setian insan IPC, karena belajar adalah hal yang mutlak harus dilakukan untuk menjaga sustainability organisasi,” ujarnya.

IPC CorpU akan dijalankan dengan mengacu pada praktik terbaik dan rekomendasi Kementerian BUMN. Kedepan diharapkan IPC CorpU dapat berkolaborasi dengan CorpU BUMN lainnya dalam mempersiapkan talent pemimpin yang berkompeten di lingkungan BUMN sehingga IPC dapat memberikan sumbangsih tidak saja dalam industri kepelabuhanan namun juga dalam cross-industry di lingkungan BUMN demi kepentingan nasional. (bvi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *