in

Ini Upaya KJRI Frankfurt Ajak Pengusaha Jerman Tanamkan Modalnya di Indonesia

KJRI Frankfurt.

Businesstoday.id, London – Konjen RI Frankfurt, Toferry P. Soetikno, pada acara promosi perdagangan dan investasi bertema “Indonesian Network Gathering” mengajak pengusaha dan investor Jerman menanamkan modalnya di Indonesia dan meningkatkan perdagangan dengan Indonesia.

Konsul Muda KJRI Frankfurt, Dimas Wisudawan kepada Antara London, Jumat mengatakan acara yang diadakan di Wisma Konjen Frankfurt tersebut bertujuan untuk meningkatkan nilai perdagangan dan investasi antara Jerman dan Indonesia.

Promosi perdagangan dan investasi dihadiri kalangan pengusaha, di antaranya di bidang engineering, teknik, teknologi informasi, otomotif, konsultan bisnis dan beberapa perwakilan asosiasi pengusaha serta perwakilan divisi perdagangan dan investasi Pemerintah Frankfurt dan Negara bagian Hessen.

Dalam kesempatan tersebut, Konjen Toferry P. Soetikno, memaparkan potensi dan informasi makro ekonomi Indonesia merupakan ekonomi terbesar di Asia Tenggara dengan middle class yang besar, sehingga upaya mempererat hubungan ekonomi RI ¿ Jerman dipandang perlu, termasuk peningkatan kerjasama investasi dan perdagangan dimasa datang. ¿Perkembangan hubungan perdagangan dan investasi RI ¿ Jerman masih perlu ditingkatkan. Terdapat banyak peluang bisnis di Indonesia yang bisa dimanfaatkan pelaku usaha Jerman¿, ujarnya.

Konjen Toferry P. Soetikno, menyampaikan beberapa kemudahan melakukan bisnis dan investasi di Indonesia, di antaranya fasilitas Online Single Submission (OSS), yaitu sistem online terintegrasi yang dapat digunakan investor asing untuk keperluan investasi di Indonesia.

Kemudahan lain dari Pemerintah Indonesia adalah diberikannya tax holiday kepada investor asing di Indonesia sesuai ketentuan Peraturan Menteri Keuangan nomor 35 tahun 2018 tentang Pemberian Fasilitasi Pengurangan Pajak Penghasilan Badan.

Beberapa pengusaha merencanakan untuk melakukan kerjasama bisnis di Indonesia dalam bidang kesehatan, suplemen makanan hingga teknologi efisiensi energi dan pengurangan emisi gas buang kendaraan. Asosiasi pengusaha kecil dan menengah Jerman juga menyatakan kesediaannya membantu promosi perdagangan dan investasi Indonesia.

Kalangan pengusaha Jerman menyambut positif acara promosi tersebut yang dipandang efektif dan memberikan informasi mengenai potensi bisnis di Indonesia. Banyak dari kalangan pengusaha Jerman, terutama usaha kecil dan menengah (Mittelstand), yang belum mendapatkan informasi mengenai potensi ekonomi Indonesia. (zey)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *