in

Industri Sawit Kontribusi Rp177 Triliun Terhadap Devisa

Deputi Bidang Pangan dan Pertanian Kementerian Perekonomian, Musdalifah.

Businesstoday.id, Medan – Industri kelapa sawit nasional tercatat masih menjadi salah satu sektor yang memberikan kontribusi besar kepada devisa negara mencapai Rp177 triliun pada tahun 2017.

“Sawit masih memberikan kontribusi besar mendatangkan devisa sehingga pemerintah juga terus berupaya agar industri komoditas itu berjalan lancar,” ujar Deputi Bidang Pangan dan Pertanian Kementerian Perekonomian, Musdalifah saat pembukaan Indonesia Palm Oil Stakeholder Forum (IPOS Forum) ke-3 di Medan, Senin (24/9/2018).

Selain devisa yang cukup besar, sektor itu menyerap tenaga kerja yang banyak atau lebih 17,5 juta orang.

Untuk itu, kata dia, sektor industri kelapa sawit harus dijaga secara bersama-sama khususnya dengan cara menjadikan bisnis berkelanjutan.

Sumut berperan besar juga dalam perkembangan usaha sawit nasional. Dari Rp177 triliun total devisa sawit, sebanyak 16 persen di antaranya merupakan sumbangsih dari Sumut.

“Melihat masih besarnya potensi pasar, maka pemerintah optimistis, komoditas itu memberikan pengaruh positif bagi perekonomian Indonesia,” katanya.

Potensi pasar yang cukup bagus itu terlihat dari penerapan kebijakan B-5 –atau mencampur biodiesel 5 persen dengan solar– di China yang perlahan mampu mendongkrak ekspor CPO Indonesia.

India pun saat ini, katanya,sedang diajak negosiasi untuk menerapkan B-3 atau B-5 untuk kebutuhan dalam negeri.

“Indonesia masih bernegosiasi karena India khawatir kalau kebijakan B-3 atau B-5 diterapkan, maka berdampak pada kenaikan harga ekspor CPO,” katanya.

Dirjen Perkebunan H Bambang menyebutkan Instruksi Presiden Nomor 8/2018 tentang Penghentian Sementara Perluasan Lahan dan Evaluasi Perkebunan Sawit, menjadi bukti adanya komitmen pemerintah ke industri perkebunan kelapa sawit nasional agar memiliki tata kelola yang baik.

Inpres itu juga bukti Indonesia berdaulat atas sawitnya dan bukan karena adanya tekanan dari pihak manapun atau sebagai jawaban dari serangan-serangan pihak luar. (eva)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *