in

Harga Sawit di Mukomuko Kembali Naik

Harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit oleh sejumlah pabrik di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, selama 10 hari terakhir sebanyak dua kali mengalami kenaikan.

Businesstoday.id, Mukomuko – Harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit oleh sejumlah pabrik di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, selama 10 hari terakhir sebanyak dua kali mengalami kenaikan, diduga karena pengaruh kenaikan harga minyak mentah kelapa sawit atau CPO dunia.

“Harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit di daerah ini mengalami kenaikan berkisar Rp30-Rp125 per kg di seluruh pabrik di daerah ini,” kata Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto di Mukomuko, Selasa (11/12/2018).

Ia mengatakan hal itu berdasarkan hasil pengumpulan data harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit oleh sebanyak 12 pabrik kelapa sawit yang tersebar di sejumlah kecamatan daerah ini.

Harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit oleh sejumlah pabrik kelapa sawit di daerah ini mulai mengalami kenaikan pada 30 November 2018, yakni berkisar Rp20-Rp50 per kg.

Mayoritas pabrik di daerah ini membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat lebih tinggi dibandingkan dengan harga ketetapan tim perumus harga komoditi perkebunan pemerintah provinsi, sebesar Rp896,56 per kg.

Karena dari harga penetapan tandan buah segar kelapa sawit sebesar itu, pabrik di daerah ini diberikan toleransi sebesar lima persen dari harga tersebut untuk membeli sawit milik petani setempat.

Ia menyebutkan, harga sawit di pabrik PT Sapta Sentosa Jaya Abadi (SSJA) naik sebesar Rp850 per kg menjadi Rp975 per kg, harga sawit di pabrik PT KSM naik dari sebesar Rp880 per kg menjadi Rp940 per kg.

Kemudian harga sawit di PT MMIL naik dari sebesar Rp880 per kg menjadi Rp940 per kg, harga sawit di PT S3 naik dari sebesar Rp880 per kg menjadi Rp920 per kg, harga sawit di PT SAP naik dari sebesar Rp840 per kg menjadi Rp870 per kg.

Harga sawit di pabrik PT AMK naik dari sebesar Rp895 per kg menjadi Rp955 per kg, PT DDP Kecamatan Ipuh dan Desa Lubuk Bento naik dari sebesar Rp880 per kg menjadi Rp940 per kg.

Lalu harga sawit di pabrik PT BMK naik dari sebesar Rp1.010 per kg menjadi Rp1.070 per kg dan harga sawit di pabrik PT GSS naik dari sebesar Rp990 per kg menjadi Rp1.020 per kg. (fer)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *