in

Gedung Indonesia Navy Club dan Cafe Jetsky Dituding Dibangun di Jalur Terlarang Pantai Mutiara

Bibir pantai di Perumahan Pantai Mutiara diurug untuk pembangunan gedung Indonesia Navy Club milik pengusaha RBT, padahal kawasan itu adalah zona terbuka biru bibir pantai Perumahan Pantai Mutiara, Jakarta Utara. /Dok Ferry Edyanto

BUSINESS TODAY – Warga Perumahan Pantai Mutiara, Penjaringan, Jakarta Utara melayangkan somasi (surat teguran) ke Gubernur DKI Anies Baswedan, Senin 3 Mei 2021.

Gubernur Anies dinilai melakukan pembiaran terjadinya pelanggaran Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Penataan Zonasi (PZ) oleh pemilik Cafe Jetsky dan Gedung Indonesia Navy Club yang berdiri di jalur terbuka biru bibir pantai Perumahan Pantai Mutiara, Jakarta Utara.

Padahal, sesuai aturan dan ketentuan, sepanjang Pantai Mutiara tidak diperbolehkan ada satu pun bangunan yang berdiri di atasnya.

Kenyataannya, tepian bibir Pantai Mutiara telah berubah dengan hadirnya Gedung Indonesia Navy Club milik RBT dan Cafe Jetsky milik Rusli.

Bibir pantai di Perumahan Pantai Mutiara diurug untuk pembangunan gedung Indonesia Navy Club milik pengusaha RBT, padahal kawasan itu adalah zona terbuka biru bibir pantai Perumahan Pantai Mutiara, Jakarta Utara. /Dok. Ferry Edyanto

Bersama warga lainnya, H Sutrisno Lukito selaku tokoh masyarakat setempat mengaku resah.

Pasalnya kedua bangunan milik bos berduit itu menyalahi aturan dan dibangun tanpa mengantongi izin dengan cara menguruk bagian tepi laut menjadi daratan (reklamasi).

“Atas pelanggaran itu, warga telah melayangkan surat teguran (somasi) kepada Gubernur DKI. Kami minta Pak Anies turun ke lapangan dan melakukan tindakan,” ujar H. Sutrisno.

Sutrisno didampingi kuasa hukumnya, Andy Muka Siregar, SH dan Tamren Siregar, SH, MH dari Kantor Hukum AMS & Partners kepada awak media, Kamis, 6 Mei 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *