in

Forum Infrastruktur BKPM-HSBC Bali : IPC Tegaskan Efisiensi agar Makin Kompetitif

Direktur Utama IPC, Elvyn G. Masassya, saat menyampaikan paparan di ajang Forum Infrastruktur BKPM-HSBC Indonesia.

Businesstoday.com, Jakarta – PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC berkomitmen untuk memposisikan diri sebagai korporasi yang kompetitif di tengah ketatnya persaingan pelayanan pelabuhan. Untuk semakin kompetitif, IPC terus melakukan efisiensi perusahaan di berbagai aspek, tanpa mengurangi kualitas layanan dan operasional.

Demikian disampaikan Direktur Utama IPC, Elvyn G. Masassya, saat menyampaikan paparan di ajang Forum Infrastruktur BKPM-HSBC Indonesia, di sela-sela Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia, di Nusa Dua, Bali, hari ini, Rabu (11/10/2018).

BKPM dan HSBC Indonesia menggelar Forum Infrastruktur yang diikuti sekitar 500 investor dari seluruh dunia. Forum tersebut menjadi sarana untuk menggeser pembiayaan infrastruktur dari pemerintah ke sektor swasta dan pasar modal.

Di forum tersebut, Elvyn menegaskan bahwa IPC siap mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. IPC sangat menyadari bahwa pelabuhan adalah salah satu mata rantai penting dalam perekonomian nasional.

“Untuk mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai poros maritim dunia, beberapa hal sudah dan sedang dilakukan IPC. Salah satunya adalah meningkatkan konektivitas antarpulau, dan meningkatkan kapasitas layanan dan operasional di pelabuhan dengan menerapkan digitalisasi di semua aspek,” katanya.

Elvyn juga menyampaikan pandangannya tentang perekonomian Indonesia di tahun 2018. Dia menyoroti perihal dampak kondisi ekonomi terhadap bisnis kepelabuhanan dengan penekanan pada skema pembiayaan infrastruktur, untuk pengembangan proyek pelabuhan yang dibagi menjadi 3 phase. Ketiga phase tersebut yaitu ‘Green Field Project’ (pembiayaan basic and port infrastructure), ‘Brown Field Project’ (pembiayaan suprastructure and terminal expansion) serta ‘Commercialization’ (pembiayaan pelabuhan yang sudah beroperasi).

Dalam kesempatan itu, Dirut IPC didampingi oleh Direktur Teknik dan Manajemen Resiko IPC serta Direktur Utama PTP dan Direktur Utama PII sebagai anak perusahaan IPC. (zal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *