in

Ekspor Nanas Hingga Pabrik Gula, Lobi Indonesia ke Brazil dan Argentina

Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman.

Businesstoday.id, Jakarta – Indonesia siap mengekspor enam komoditas strategis ke dua negara di Amerika Latin, yakni Brazil dan Argentina. Indonesia pun menawarkan investasi, salah satunya pengembangan pabrik gula.

Ini diungkapkan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman. Dia mengungkapkan jika Indonesia sebelumnya telah bertemu dengan perwakilan dari Brazil kedua negara tersebut.

“Mereka bersedia terima 6 komoditas strategis kita. Di antaranya mangga, nanas, kita ekspor ke Argentina dan Brazil,” urainya, seperti dikutip Selasa (28/5/2019).

Sebelumnya, Mentan Amran sempat menerima kehadiran Menteri Pertanian Brazil dan Wakil Presiden Argentina di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Jakarta, pada Mei ini. Pertemuan itu diinisiasi guna menjalin kerjasama bilateral, khususnya hasil produksi di sektor pertanian dari masing-masing negara.

Saat bertemu Mentan Brazil, beberapa komoditas strategis seperti salak dan nanas diberi ruang untuk bisa ekspor ke Negeri Samba.

Tak hanya ekspor, Pemerintah turut mengajak Brazil untuk berinvestasi di Tanah Air, khususnya di sektor pertanian seperti pengembangan pabrik gula.Sementara ketika menerima kunjungan Wakil Presiden Argentina, turut dijajaki kerjasama untuk memperbesar pasar ekspor hasil produk holtikultura kedua negara.

Selain akses pasar, Indonesia juga membuka potensi kerjasama transfer teknologi pertanian dari Argentina, seperti sistem penyimpanan hasil pertanian yang efisien dan ramah lingkungan (solo bag) serta teknologi penanaman tanpa olah tanah (no till farming).

Lebih lanjut, Mentan Amran memastikan bahwa pintu ekspor produk pertanian Indonesia ke Brazil dan Argentina kini telah terbuka lebar. Secara waktu eksekusi, ia pun memberi kebebasan kepada pihak pengusaha yang bergelut di sektor tersebut.

“(Kapan ekspor mulai bisa dilakukan?) Kapan saja, terserah pengusahanya. Yang jelas sudah terbuka pintu (ke) Argentina, Brazil, Jepang, kami sudah ketemu di G20. Itu kabar baik untuk petani Indonesia,” tandas dia. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *